Sebuah hotel kini tidak lagi sekadar menyediakan kamar nyaman bagi tamunya. Persaingan yang kian dinamis membuat pelaku bisnisnya harus mencari cara implementasi IoT dalam perhotelan agar pengalaman menginap menjadi istimewa.

Internet of Things atau IoT kini sudah menyatu dalam keseluruhan strategi penyediaan kenyamanan bagi tamu. Pengalaman tersebut sudah harus dirasakan mulai dari pemesanan, kedatangan, hingga selama menginap. IoT dapat mengakomodir tercapainya pengalaman yang optimal dari setiap fase menginapnya seorang tamu.

Bertahan atau tidaknya sebuah hotel kini sangat bergantung pada inovasi yang dia lakukan. Penyematan teknologi IoT semakin populer pasca banyaknya hotel yang tumbang dikarenakan wabah COVID-19 di seluruh dunia. Tidak hanya perkara peningkatan kenyamanan, implementasi Iot dalam perhotelan bahkan mendukung perubahan visi hingga strategi pemasaran suatu hotel.

Dampak positif IoT dalam perhotelan

implementasi IoT dalam perhotelan

IoT dalam perhotelan menguntungkan baik dari pebisnis, tamu, dan pihak terkait. Berikut rinciannya:

1. Mengefisiensikan biaya operasional

Sebelum adanya era IoT, meningkatkan layanan ke tamu berarti tingginya ongkos operasional. Ini disebabkan banyaknya staf yang harus dipekerjakan. IoT sanggup mengotomatisasikan beberapa layanan untuk menghemat biaya energi dan gaji pegawai.

Contohnya adalah IoT mengotomatisasikan matinya lampu dan sakelar ketika tamu keluar dari kamar. Cara sesederhana ini membantu dalam mengurangi biaya energi dan gaji karyawan.

2. Menambah pengalaman tamu

Kepuasan pelanggan memegang kunci keberhasilan dalam industri jasa, termasuk perhotelan. Konsumen yang senang akan datang kembali ke hotel, bahkan merekomendasikan hotel tersebut ke teman atau saudara mereka. IoT dapat membantu meningkatkan pengalaman konsumen melalui kemampuannya menganalisa perilaku tamu. Data dari preferensi mereka akan menjadi data bagi pihak hotel untuk memberikan layanan yang semakin pas dengan kebutuhan mereka.

3. Melakukan variasi layanan

Setelah melacak dan menganalisa perilaku tamu, IoT akan merekomendasikan variasi layanan baru yang mungkin diminati oleh konsumen. Sistem pemberian layanan juga bisa diubah menggunakan IoT. Keduanya dapat menjadi cara baru pengelola hotel dalam mendapatkan pendapatan tambahan dari layanan tersebut.

4. Meintegrasikan dengan perangkat yang sudah ada

Sumber penghematan terjadi dari sinkronisasi alat yang sudah ada dengan IoT. Pihak hotel tidak perlu membeli piranti baru untuk menyesuaikan diri dengan IoT. Sebaliknya, IoT akan mengintegrasikan dengan perangkat yang ada. Tidak ada perubahan yang dibutuhkan sehingga pengelola hotel tidak perlu mengeluarkan dana operasional penggantian perangkat.

Baca juga: 4 Alasan Vending Machine Harus Ada Di Hotel Dan Apartement

Implementasi IoT dalam perhotelan

1. Otomatisasi check-in

Dengan IoT, calon tamu hotel tidak perlu antri di depan resepsionis. Mereka dapat melakukan check-in secara otomatis dan langsung mendapatkan kunci kamar secara lebih mudah dan lebih cepat.

2. Informasi menurut lokasi

Implementasi IoT dalam perhotelan ini sudah banyak diterapkan pada sektor lain. IoT yang digunakan adalah Bluetooth dan Global Positioning System atau GPS. Keduanya akan mendeteksi lokasi secara real-time selama pengguna mengaktifkannya. Dengan sinkronisasi lokasi tersebut maka pihak hotel akan memberikan informasi yang lebih dekat dengan situasi tamu saat itu. Contohnya adalah promosi tentang layanan pusat kebugaran ketika tamu melewati lokasi tersebut. Atau, pihak perhotelan dapat mengirimkan menu restoran setiap kali tamu berada di dekatnya.

3. Pelacakan aset

Untuk tujuan ini, implementasi IoT dalam perhotelan terwujud melalui robot pembersih atau rak bagasi. Keduanya akan membantu dalam melacak aset hotel secara akurat.

4. Kontrol suara untuk layanan pelanggan

Jaringan hotel global, seperti Marriott dan Wynn, telah menerapkan kendali suara berbasis IoT. Contohnya adalah pelanggan dapat memesan layanan kamar hotel, memesan meja di restoran atau mendaftar ke layanan spa melalui layanan suara di kamar mereka.

Baca juga: Penerapan IoT di Indonesia, Sudahkan Kita Siap ?

5. Solusi cerdas di kamar

Solusi cerdas yang dimaksud meliputi:

  • Pencahayaan
    Tamu dapat memilih mengubah warna, rona dan suhu cahaya lampu di kamar mereka.
  • Suhu kamar
    Solusi cerdasnya adalah termostat pintar agar tamu merasa nyaman di kamar tanpa merasakan ketidaknyamanan dari unit AC atau jendela yang lama.
  • Suhu air
    IoT dapat digunakan  untuk mengendalikan suhu air melalui katup dan sensor agar air terasa pas sesuai keinginan konsumen.
  • Pengaturan jendela
    Hanya dengan memencet tombol atau memakai aplikasi, tamu dapat membuka dan menutup jendela sesuai dengan selera.
  • Smart TV
    Saat ini, smart TV cukup populer sebab menggabungkan tayangan televisi dengan Internet.
  • Menu makanan digital
    Tamu dapat memesan makanan dan minuman cukup dari aplikasi di ponsel atau dari smart TV di kamar masing-masing. Menu tersebut bisa disimpan untuk dijadikan referensi tawaran saat Anda menginap berikutnya di hotel yang sama.

6. Solusi keamanan yang pintar

Tamu tidak perlu menggunakan kunci konvensional untuk memastikan kamar mereka aman. Sekarang IoT sudah menawarkan kunci pintar melalui aplikasi di telepon mereka untuk menggantikan kunci kamar yang biasanya dipakai. Perangkat keamanan IoT terintegrasi dapat digabungkan satu dengan yang lainnya dan dikelola menurut banyak jenis protokol. Contohnya, perihal ancaman keamanan hotel yang dapat memicu peringatan audio atau pencahayaan.

7. Integrasi kartu kunci

Implementasi IoT dalam perhotelan berikutnya integrasi kartu kunci untuk tamu. Nantinya, setiap tamu dapat mengontrol kunci pintu, suhu, hingga penutup jendela melalui smartphone mereka.

8. Meningkatkan kenyamanan ruangan saat acara

Terkait ruangan saat acara, IoT membantu dalam mengatur pencahayaan, pengendalian suhu sesuai jadwal yang ditentukan. Solusi IoT juga dapat dipakai untuk menjadwalkan kamar dan check-in dan check-out tamu.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan IoT yang Perlu Diketahui

9. Sinkronisasi tablet dan ponsel

Setiap tamu dapat mengakses layanan hotel baik dari ponsel cerdas dan tablet mereka. Sistem IoT yang diadopsi oleh pengelola hotel mempermudah setiap tamu mendapatkan layanan melalui berbagai jenis platform.

Jika menginginkan implementasi IoT dalam perhotelan lainnya, silahkan hubungi Monster MAC yang sudah berpengalaman menggarap penerapan IoT di berbagai bidang.


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami