Vending machine umumnya menjual snack maupun minuman ringan. Namun pernahkah kamu mendapati vending yang menjual tiket? Vending machine yang menjual tiket sebenarnya bisa kita temui di Indonesia. Sebab sebagian besar mesin penjual tiket otomatis atau vending machine MRT telah beroperasi di Jakarta.

Jika kalian ingin menaiki MRT namun tidak memiliki e-money, anda bisa membeli tiket sekali jalan (single trip ticket) dari vending machine MRT. Namun, penumpang tetap harus menaruh deposit sejumlah Rp 15.000 di luar ongkos perjalanan.  Untuk menggunakan vending machine MRT, para penumpang harus memperhatikan beberapa hal. Untuk itu, simak hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan mesin ini.

Vending Machie MRT

Uang Harus Pas

Adanya vending machine MRT ini sangat berguna. Sebab dapat mengurai antrean loket yang panjang. Untuk pembelian tiket yang lebih praktis dan cepat, baiknya membawa uang pas. 

Dilansir dari Kompas.com, salah satu kendala dari mesin ini adalah uang kembalian kerap habis. Selain itu, tak semua pecahan rupiah dapat terbaca mesin ini. Untuk uang kertas, mesin hanya menerima pecahan Rp 50.000 hingga Rp 5.000 saja. Sedangkan untuk uang koin mesin hanya menerima Rp 1.000 dan Rp 500 saja. 

Hindari uang yang sudah lusuh maupun robek. Karena pecahan uang berapa pun tidak akan terbaca oleh mesin tiket apabila sudah lusuh. Sekali waktu, pecahan uang kertas yang terlipat-lipat juga tidak terbaca. 

Tidak dapat refund 

Meski mesin ini hanya untuk single trip ticket, penumpang dapat menyimpan kartu single trip ticket tersebut untuk kemudian melakukan isi ulang jika ingin melakukan perjalanan lagi. Untuk itu, penumpang tidak perlu mengantre untuk refund deposit Rp 15.000 yang sebelumnya diberikan dan tertera d dalam tiket

Jika penumpang ingin mendapatkan uang depositnya kembali, penumpang mesti mengantre di loket khusus yang tersedia di stasiun MRT. Sebab vending machine MRT tidak dilengkapi dengan fitur refund dari biaya deposit sebesar Rp 15.000 yang ditaruh ketika pembelian tiket sekali jalan.

 


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami