Perkembangan vending machine di Indonesia hingga kini semakin menunjukan potensinya. Aneka ragam jenis vending machine tersebar di beberapa sudut fasilitas publik. Mulai dari menjual makanan, minuman ringan hingga kebutuhan personal lainnya. Beragam vending machine dilengkapi dengan segala fitur canggih di dalamnya. Pernah dengar vending machine e-money?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang vending machine e-money. Pada dasarnya cara kerja mesin penjual otomatis ini sama dengan mesin lainnya. Hanya saja berbeda pada metode pembayarannya. Jika umumnya vending machine menggunakan uang cash atau berbasis pada aplikasi, mesin yang satu ini menggunakan kartu e-money Mandiri sebagai alat pembayaran. 

Selain digunakan untuk bertransaksi di vending machine, kartu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis pembayaran dan transaksi di berbagai tempat berlogo e-mOney seperti:

  • Pembayaran Tol (Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar)
  • Pembayaran parkir dan TPE
  • Pembayaran transportasi umum (kereta, transjakarta, dll)
  • Pembayaran SPBU
  • Pembelanjaan toko retail, (Indomaret, Alfamart, dll)
  • Pembayaran wahana hiburan atau rest area.

Cara penggunaan vending machine e-money dan dimana mendapatkan kartu e-money?

vending machine e-money

Cara penggunaan mesin ini sangat mudah, pertama-tama Anda harus memilih jenis barang apa yang akan dibeli. Setelah itu, Anda cukup menempelkan kartu pada pemindai di mesin. Sebelum melakukan transaksi pastikan saldo dalam kartu  Anda cukup. Saldo dalam kartu akan terpotong otomatis sesuai dengan nominal harga minuman atau makanan yang Anda beli dari mesin. Hanya dalam beberapa detik barang yang diinginkan akan keluar dari mesin. 

Anda bisa memperoleh kartu ini di kantor cabang Bank Mandiri terdekat, minimarket, stasiun commuterline, halte bus transjakarta, dan di vending machine itu sendiri. Bahkan ada beberapa marketplace yang menjual kartunya secara online. 

Banyak vending machine pintar yang sudah beroperasi menggunakan transaksi elektronik. Seperti yang berada di kawasan kebun binatang Ragunan Jakarta. Mesin- mesin penjual otomatis ini menggunakan kartu Jakcard sebagai alat pembayaran. 

Baca juga: Mengenal Kemudahan Penggunaan Vending Machine Pintar

Penggunaan kartu pembayaran untuk melakukan transaksi dinilai lebih efisien karena terkadang dengan pembayaran cash terjadi beberapa masalah. Mesin-mesin tentu saja hanya menerima uang dalam kondisi baik (tidak lusuh).