Mesin nomor antrian saat ini sudah lazim digunakan di berbagai layanan publik dan perusahaan swasta. Di balik tampilan luar yang terlihat sederhana, fitur yang menyumbang terhadap hadirnya mesin sistem antrian cukup kompleks.

Sebagai salah satu perwujudan teknologi Internet of Things (IoT), mesin nomor antrian menjadi salah satu yang paling lekat dalam kehidupan kita. Mesin ini dapat meningkatkan mutu layanan suatu perusahaan atau institusi ke masyarakat. Publik akan mendapatkan layanan sesuai nomor antrian yang mereka terima sehingga tidak membuang banyak waktu untuk menunggu.

mesin nomor antrian

Keunggulan Mesin Nomor Antrian

Sebelum ada mesin nomor antrian, lazim melihat pemandangan banyak orang berjubel mengantri di depan loket yang dijaga oleh petugas. Dengan mesin ini, nasabah atau publik menerima nomor antrian secara pasti. Mereka tidak perlu lagi berbaris panjang yang menguras tenaga dan emosi seperti zaman dahulu. Bahkan, dengan mengantri secara daring mereka dapat merencanakan kunjungan sesuai jam yang disepakati. Di sisi konsumen atau publik, mesin ini sangat membantu dalam memanfaatkan waktu secara lebih berguna. Sedangkan bagi penyedia usaha atau institusi pemerintah, mesin ini sangat cocok dalam meningkatkan mutu layanan mereka.

Jenis Mesin Antrian Bank

Bank merupakan salah satu sektor usaha yang paling memerlukan mesin antrian. Setiap hari satu bank akan melayani berbagai kebutuhan nasabah mereka. Karenanya penting di sini kami membahas lebih mendalam tentang mesin nomor antrian di bank.

Terdapat dua jenis sistem mesin antrian bank secara umum. Yang pertama, mesin antrian untuk memberikan pelayanan ke konsumen atau customer service. Mesin ini dibuat terpisah dengan mesin antrian untuk teller. Biasanya, mesin antrian untuk customer service melayani kebutuhan nasabah terkait membuka tabungan baru, pembuatan kartu ATM, atau mengurus ATM yang hilang. Waktu untuk melayani setiap nasabah relatif lebih lama dibandingkan jenis layanan ke teller bank.

Kedua, mesin antrian nomor untuk teller. Transaksi yang berlangsung di teller biasanya mencakup transfer uang, setor dana, pembayaran tagihan, dan lainnya. Waktu yang dibutuhkan umumnya lebih cepat dibandingkan dengan layanan di customer service.

Baca juga : IoT Adalah? Ini Dia Jenis-jenis, Manfaat dan Kasus Penerapannya

Fitur Mesin Antrian Bank

  1.   Foto profil perusahaan yang bisa diganti sendiri kapan saja dengan tampilan tidak terbatas.
  2.   Video profil perusahaan yang dapat diganti kapan pun dengan tampilan tidak terbatas.
  3.   Panggilan suara dalam Bahasa Indonesia.
  4.   Jumlah layanan hingga 10.
  5.   Jumlah loket hingga 100.
  6.   Video dan teks berjalan di monitor plus layar sentuh yang bisa diutak-atik secara mandiri.
  7.   Pengambilan nomor yang bisa diatur pada hari dan jam tertentu.
  8.   Tampilan teks berjalan hingga 17 baris dan tidak terbatas beserta layar sentuh dengan foto. Penggantian bisa dilakukan kapan saja.
  9.   Pengulangan panggilan untuk setiap lokernya.
  10. Satu tablet Windows untuk semua loket dan gawai Android untuk seluruh loket.
  11. Slip antrian memakai thermal printer.
  12. Laporan data menyesuaikan dengan kebutuhan.
  13. Instalasi gampang memakai jaringan WiFi.
  14. Kemudahan bagi pengguna mengatasi kerusakan pada mesin dengan cara mengunduh software sendiri.

Itulah sekelumit tentang mesin nomor antrian, khususnya untuk bank. Tertarik menerapkan mesin antrian nomor pada bisnis Anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami, Monster MAC, yang siap menghadirkan solusi berbasis IoT untuk mesin antrian yang Anda butuhkan. Hubungi tim sales kami sekarang melalui website ini.

Baca juga : Perusahaan IoT Indonesia Terpercaya dengan Harga Terbaik


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !