Jakarta, 17 Januari 2024 – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau yang akrab dikenal sebagai BRI, mengukuhkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasi platform self-service.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan minat pembelian produk UMKM, menciptakan ekosistem yang lebih inklusif, dan memperkenalkan inovasi terbaru dalam bentuk vending machine. BRI menjalin kerjasama dengan PT. Monster Teknologi Kencana, atau lebih dikenal dengan Monster Mac, dalam menghadirkan solusi vending machine sebagai outlet self-service, dengan fokus utama pada produk-produk UMKM binaan Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) BRI.

Pada hari Senin, 27 November 2023, Kementerian BUMN menjadi saksi resmi peresmian vending machine pertama hasil kerjasama antara BRI dan UMKM binaannya. Mesin ini diisi dengan produk dari 11 UMKM Binaan BRI, mencakup 19 jenis produk makanan ringan home-made. Dengan kapasitas mencapai 150 produk UMKM yang tersedia untuk dipilih, mesin ini memberikan pengalaman belanja yang lebih efisien dengan menggunakan transaksi pembayaran berbasis QRIS.

MonsterMac, platform monitoring yang diperkenalkan oleh BRI, akan memainkan peran kunci dalam mengumpulkan data terkait preferensi konsumen. Melalui analisis data, MonsterMac akan menentukan produk UMKM yang paling diminati oleh masyarakat, menjadi dasar evaluasi untuk pengembangan ke depannya. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi UMKM yang terlibat dalam proyek ini, termasuk menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi.

Sebelum peresmian vending machine di Kementerian BUMN, tim MonsterMac telah melakukan riset teknis yang komprehensif, mencakup uji test-drop dan pemeriksaan masa kedaluwarsa produk UMKM yang akan dijual melalui mesin vending. Tujuan dari riset ini adalah untuk memastikan kelancaran transaksi jual-beli produk, khususnya bagi para pegawai dan non-pegawai di Kementerian BUMN, serta untuk menjaga kualitas produk yang disajikan kepada konsumen.

Dengan langkah-langkah inovatif ini, BRI mempertahankan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia. Melalui vending machine ini, diharapkan tidak hanya menjadi sarana penjualan produk UMKM, tetapi juga menjadi simbol perubahan positif dalam ekosistem bisnis nasional, menggambarkan kolaborasi sukses antara BRI dan PT. Monster Teknologi Kencana (Monster Mac), serta menjadi pilar ekonomi yang kuat dan berkelanjutan demi pertumbuhan ekonomi nasional.


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !