Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat Internet of Things (IoT) banyak dipakai dalam dunia bisnis. Sistem IoT banyak diterapkan  karena praktis. Sebab hanya dengan menghubungkan perangkat sensor pada internet, kita bisa mendapatkan banyak data dari konektivitas banyak perangkat hingga analitik data. Otomatisasi di perangkat IoT membangun inovasi dari beragam perangkat dan dapat menjangkau hal-hal yang sebelumnya tidak terjangkau. Lalu bagaimana cara menerapkan teknologi IoT pada dunia bisnis?

 

Menerapkan Teknologi IoT

 

Perusahaan yang memanfaatkan potensi teknologi IoT memiliki kemungkinan yang besar untuk bertahan, bahkan ada kemungkinan menjadi lebih maju dan unggul dalam melakukan inovasi. Lalu sektor industri apa saja yang banyak memanfaatkan teknologi IoT  dalam menjalankan perusahaannya?

Sektor Industri yang Memanfaatkan Teknologi IoT

1. Ritel

Sektor ritel kini semakin pesat dalam memberikan pengalaman pengguna bagi tiap-tiap konsumennya. Sehingga perilaku dan reaksi pelanggan mereka dalam suatu produk kini terus dipelajari, dievaluasi, dan dikembangkan. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi IoT, hal ini dapat dicapai. Banyak hal dapat dilakukan  dengan IoT untuk mempelajari perilaku dan reaksi konsumen. Mulai analitik visual sampai tingkat tertentu, hingga pemahaman yang lebih baik tentang preferensi dan perilaku pelanggan.

2. Manufaktur

Tak hanya smartphone saja, kini smart factory bukan impian lagi. Dengan adanya kecerdasan buatan yang juga terpasang bersama perangkat IoT, peralatan dapat  diprogram untuk bekerja secara serempak untuk meningkatkan dan mempercepat proses. Bahkan  analisis dan data yang ditangkap oleh perangkat IoT dapat memungkinkan untuk optimalisasi di sektor yang sebelumnya nampak tidak mungkin dilakukan.

3. Pertanian

Teknologi IoT banyak memberikan pengaruh yang signifikan di sektor pertanian. Adanya sensor yang terpasang di areal pertanian, dan terhubung ke internet dan teknologi pintar  sangat membantu petani. Karena rangkaian perangkat tersebut membantu petani dan pekerja pertanian untuk melacak tanaman , mengukur data sumber daya di pertanian, hingga membantu survei lahan.

Baca Juga : Penerapan IoT dalam Pembangunan Smart City

4. Kesehatan

Di sektor kesehatan, IoT dapat membantu dalam pengumpulan data. Sehingga pekerja kesehatan yang mengumpulkan data manual rawan terpapar oleh penyakit, dapat terhindar dengan pengumpulan data jarak jauh. IoT juga memungkinkan dokter untuk memantau gejala pasien secara aman dari jarak jauh. Adanya IoT dalam sektor kesehatan dapat membawa peningkatan kualitas, biaya lebih rendah, serta akses penyedia pasien yang lebih besar.

5. Perbankan

Penggunaan IoT kini sudah menjangkau seluruh industri keuangan dan administrasi pembayaran. Sehingga jika terdapat perusahaan perbankan yang tidak mengikuti arus teknologi, maka perusahaan tersebut tidak akan cepat laju perkembangannya. Sebab konsumen saat ini lebih terbiasa dalam mengelola transaksi keuangan mereka melalui perangkat yang terhubung dengan internet, bahkan layanan perbankan melalui smartphone sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari.

6. Energi

Perusahaan energi dalam beroperasi biasanya  tersebar di lokasi terpencil, seperti di tengah laut, gunung, atau pesisir yang jauh dari peradaban. Sehingga akses dan pemantauan, sangat perlu dilakukan secara terus menerus. Sehingga teknologi IoT dalam sektor energi sangat dibutuhkan. Misalnya saja dengan Camera Drone yang dapat memantau kesehatan dan keselamatan bidang dan fasilitas produksi. Tak hanya itu, teknologi ini juga dapat membantu perusahaan untuk menemukan pencegahan sebelum terjadi bahaya.

7. Komunikasi

Teknologi IoT berperan besar dalam sektor komunikasi dan informasi. IoT  memainkan peran kunci tidak hanya dalam layanan jaringan, tetapi juga pengawasan dan pemantauan infrastruktur.  Dengan kemampuan IoT, perusahaan telekomunikasi mendapatkan kesempatan untuk memperluas penawaran mereka dengan solusi dan layanan baru yang inovatif.

8. Transportasi

Sistem IoT berperan  penting pula dalam mengelola bidang transportasi pergerakan dan logistik. Penerapan teknologi IoT di sektor ini dapat menjangkau seluruh perusahaan untuk meningkatkan pemantauan dan perutean logistik. Caranya adalah dengan beberapa tingkat analitik visual yang dimasukkan ke dalam upaya IoT mereka. Misalnya kamera dan sensor  dapat ditempatkan di sepanjang rel kereta api untuk memantau keausan pada rakitan roda atau penyimpangan pada gerbong barang.

Baca Juga : Manfaat RPA Dalam meningkatkan Produktivitas Perusahaan

9. Perhotelan

Pengembangan  IoT dalam perhotelan menawarkan peningkatan integrasi dengan gadget pribadi tamu. Dalam hal ini, tamu dapat membuka kunci kamar mereka melalui perangkat seluler mereka. Selain itu, dengan integrasi seluler, hotel dapat mengingat preferensi tamu melalui data sebelumnya. Hotel juga dapat menyesuaikan reservasi mereka berdasarkan masa inap para tamu sebelumnya. Karenanya, hotel yang mengadopsi teknologi IoT ke dalam perusahaan mereka memiliki keunggulan dalam persaingan.

Dari ulasan MonsterMac di atas, dapat kita lihat begitu banyak sektor bisnis yang menerapkan IoT pada perusahaan mereka. Jika Anda tertarik upgrade perangkat perusahaan dengan teknologi IoT, MonsterMac siap membantu kebutuhan bisnismu lho !


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami