Pernah mengalami harus antri hingga berjam-jam di sebuah restoran? Alih-alih memadamkan lapar dan dahaga, emosi justru meronta. Manfaat kiosk untuk restoran salah satunya menyelesaikan masalah antri panjang dan lama.

Kiosk menjadi teknologi di balik tren self-order alias pesan sendiri. Inovasi layanan bisnis ini menawarkan kedekatan konsumen dengan restoran atau bisnis lain yang sangat mengutamakan layanan. Dengan skema layanan ini, pembeli dapat memesan dan membayar pesanan mereka sendiri.

Mereka lebih leluasa memilih makanan yang diinginkan sekaligus metode pembayarannya. Sistem self-order menggantikan sistem layanan manual yang mengandalkan pelayan. Kiosk sendiri merupakan perangkat keras Point-of-Sale atau POS berukuran besar. Selain kiosk, pihak restoran bisa memilih tablet yang diletakkan di setiap meja, website hingga aplikasi untuk membantu pelanggan memilih menu dan cara pembayarannya.

7 Manfaat Kiosk untuk Restoran untuk Atasi Antri Panjang

Manfaat Kiosk Untuk Restoran

Manfaat kiosk untuk restoran

Pengusaha restoran akan meraup banyak keuntungan memakai kiosk. Mulai dari perbaikan mutu layanan hingga efisiensi biaya operasional, berikut kami sajikan rinciannya.

1. Memangkas panjang antrian

Saat jam makan siang, antrian calon pembeli bisa menggila. Jika tidak segera ditangani, restoran bisa kehilangan pelanggan sebab mereka akan memberikan tanggapan negatif mengenai layanan.

Kiosk sangat membantu mengatasi hal ini. Mereka tidak perlu berdiri lama di depan kasir atau duduk di meja menanti pelayan. Yang perlu dilakukan adalah menggunakan kiosk untuk memesan menu, membayar memakai metode QR code lalu tinggal menanti pesanan disiapkan.

Cara ini memangkas banyak langkah yang bisa memakan waktu lama apabila hanya mengandalkan tenaga manusia. Selain lebih cepat menyajikan pesanan, mereka akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih unik.

2. Mengurangi jumlah tenaga di restoran

Seperti sudah disinggung di atas, manfaat kiosk untuk restoran terkait erat dengan efisiensi biaya operasional, khususnya untuk menggaji karyawan. Dengan adanya kiosk, calon pembeli tidak memerlukan kasir atau staf untuk melayani pembayaran dan pesanan.

Pesanan yang dipilih sudah jelas berikut pelunasan pesanannya. Teknik ini akan sangat menghemat biaya untuk menggaji karyawan. Sebagai contoh, sistem manual akan membutuhkan 10 orang  staf maka adanya kiosk dapat mengurangi hingga sepertiga total karyawan yang dipekerjakan. Anggaran untuk pos pembayaran karyawan akan berkurang dan bisa dipakai untuk lebih memperbaiki teknologi layanan atau kualitas bahan makanan dan minumannya.

Baca juga: Kelebihan Kiosk dibandingkan Tradisional, Tingkatkan ROI Bisnis Anda

3. Menambah pendapatan restoran

Poin ke-2 menyumbang terhadap pendapatan kotor restoran. Dari sisi pengeluaran, Anda akan banyak menekan pengeluaran sehingga dari sinii saja pendapatan akan bertambah.

Omset atau pendapatan kotor berikutnya akan berasal dari kecekatan kiosk dibandingkan tenaga manusia. Sebagai ilustrasi, sistem konvensional membuat seorang staf kasir membutuhkan sekitar tiga menit dalam melayani pembeli. Sedangkan, dengan kiosk, waktu yang dibutuhkan hanya satu menit saja untuk scan QR. Jika dihitung, dalam sejam, restoran Anda hanya akan melayani 20 pembeli dengan sistem manual. Namun, dengan sistem self-order melalui kiosk, jumlah pelanggan yang bisa dilayani dalam sejam bisa 60 orang.

Katakanlah, apabila seorang konsumen mengeluarkan Rp100 ribu maka dalam satu jam, pendapatan restoran hanya Rp2 juta apabila memakai sistem konvensional. Akan tetapi, dengan sistem self-order, misalnya melalui kiosk, pendapatan restoran dapat mencapai Rp6 juta dalam sehari. Sungguh meningkat pesat, bukan?

4. Mengurangi potensi kecurangan pembayaran

Mengandalkan sistem pembayaran manual dengan uang tunai sangat berpotensi menimbulkan kesalahan penghitungan dan kecurangan dalam pembayaran. Melacak transaksi dengan uang tunai juga cukup sulit sehingga akan menyulitkan dalam pembukuannya.

Ini berbeda dengan sistem self-order. Dengan memakai kiosk, misalnya, Anda akan lebih mudah dalam mencatat dan menganalisa setiap transaksi keuangan. Jika ada kecurangan dan kebocoran, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui sehingga mengambil tindakan hukum jka perlu. Kiosk memberikan fitur untuk pencatatan secara otomatis setiap pembayaran yang dilakukan sehingga Anda bisa mengeceknya sewaktu-waktu.

Baca juga: Manfaat Self Service Kiosk dalam Tingkatkan Omzet dan Jumlah Pelanggan

5. Menurunkan risiko salah pesan menu

Sering terjadi dalam skema layanan manual adanya salah pencatatan pesanan. Mulai dari kurang topping hingga beda makanan yang dipesan, pelanggan bisa saja kecewa, terlebih jika mereka sedang lapar.

Manfaat kiosk untuk restoran berkaitan pula dalam hal pesanan menu. Pelanggan biasanya akan secara jelas memesan menu sehingga kecil kemungkinan pelayan lupa atau salah dalam membawakan pesanan.

6. Menambah nilai restoran

Manfaat kiosk untuk restoran bisa berdampak jangka panjang. Pencitraan restoran perlu mendapatkan perhatian khusus jika Anda ingin mempertahankan konsumen yang setia.

Kiosk memberikan banyak peluang untuk menaikkan reputasi dan nilai positif restoran. Contohnya adalah pelanggan akan menilai restoran Anda selalu berinovasi memakai teknologi, lebih modern, dan memperbaiki mutu layanan secara keseluruhan. Kepercayaan tinggi dari konsumen akan membuat restoran Anda menjadi pilihan tepat bagi mereka dalam jangka panjang.

Baca juga: Mobile Kiosk, Pesan Menu di Resto Lebih Mudah dan Cepat Tersaji

7. Menjadikan restoran Anda sebagai pelopor

Di Indonesia, teknik self-order masih tergolong jarang. Apabila memilih sekarang, hal tersebut akan membuat restoran Anda menjadi pelopor sehingga reputasi akan semakin naik.

Kesan positif akan dirasakan pertama kali oleh konsumen. Berikutnya, food blogger hingga influencer akan dengan sendirinya mendatangi restoran Anda untuk mengulasnya. Ini justru mendatangkan keuntungan tersendiri dimana Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk promosi.

Jika Anda tertarik membuktikan manfaat kiosk untuk restoran, yuk hubungi segera MONSTER MAC yang sudah lama berkecimpung dalam bidang IoT dan teknologi terapan untuk berbagai jenis industri.


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !