Monstermac.idIndonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas, itulah kenapa Indonesia menjadi salah satu pengekspor padi terbesar di dunia. Namun, ini menjadi kendala pengawasan semua lahan pertanian di Negeri ini. Drone teknologi pertanian mampu memecahkan permasalahan ini, memungkinkan para petani untuk bekerja merawat tanaman lebih mudah dan cepat.

Butuh banyak tenaga manusia untuk melakukan perawatan maupun pengecekan terhadap lahan tersebut, hal ini akan berakibat terhadap pembengkakan biaya perawatan. Dibutuhkan teknologi khusus seperti citra satelit supaya para petani dapat mendapatkan gambar yang presisi dan mampu menjangkau seluruh lahan pertanian. 

Teknologi berkembang pesat mau tidak mau Anda mengikuti perkembangan nya. Pertanian adalah lahan yang belum terjamah banyak teknologinya, salah satunya adalah drone pesawat tanpa awak. Seperti apa penggunaan drone ini sebagai teknologi pertanian dan seperti apa pengggunaannya?

Ada beberapa negara telah menggunakan drone membantu pertaniannya diantaranya Amerika Serikat, Sri Lanka dan Uganda, International Potato Center, India dan Polandia.

Teknologi drone sendiri dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi para petani. Beberapa diantaranya adalah; memberikan gambaran tanaman mana saja yang sudah siap dibudidayakan, tanaman mana saja yang harus diberi pupuk, tanaman mana saja yang perlu diberikan perawatan khusus, antisipasi penyakit pada tanaman hingga mencegah kegagalan-kegagalan sebelum panen misalnya serangan OPT (Organisasi Pengganggu Tanaman) yang mengganggu pertumbuhan dari tanaman. 

Tidak hanya itu, teknologi drone untuk pertanian juga mampu untuk menyemprotkan obat dan menebar pupuk ke tanaman yang terserang penyakit atau hama. Tentunya, dengan bantuan drone bagi petani akan membantu hasil produksi petani semakin meningkat dan efisiensi tenaga dan waktu bagi para petani.

Baca juga: 5 Teknologi Pertanian Anak Bangsa yang Bikin Bangga

Namun, disisi lain masih banyak halangan-halangan  dalam mengoperasikan drone sebagai kebutuhan pertanian. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah: 

  1. Regulasi untuk menerbangkan drone di beberapa area tertentu.
  2. Masih mahalnya harga drone untuk bidang pertanian sehingga kurang terjangkau.
  3. Personil untuk menerbangkan drone khusus bagi petani yang masih terbatas.
  4. Personil yang mampu menginterpretasikan citra satelit hasil drone bagi pertanian yang masih terbatas. 
  5. Kondisi sosial masyarakat yang masih tidak percaya dalam menggunakan teknologi.

Namun, banyak ahli yang bersedia untuk mengembangkan dan memberikan solusi untuk masalah-masalah di atas, sehingga drone untuk bidang pertanian dapat dinikmati keunggulannya oleh seluruh petani. 

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile