smart city iot

smart city iot

Monstermac.id – Kota pintar seperti apa sih yang di inginkan oleh semua orang? Smart city IoT yang di gadang-gadang akan di terapkan di semua kota Indonesia. Tetapi seperti apa sih smart city IoT yang di sesuaikan dengan nagara kita apakah mampu pemerintah memfasilitasi kebutuhan kota tersebut?

Di era digitalisasi ini semua berhubungan dengan kekuatan teknologi yang ada saat ini, sehingga kita bisa mengadaptasikan dengan teknologi ini. Smart city IoT ini akan di sesuaikan dengan kebutuhan dari daerah tersebut sehingga membuat hidup penduduk kota tersebut jadi praktis dan efisien. Mengubah penduduk yang awalnya konvensional menjadi digital dan smart butuh kerja yang cukup lama. 

Perkembangan pesat ini  harus secara keseluruhan dan terintegritas agar dapat menyatu antara pelayanan publik dari sektor perijinan dan kesehatan. Fungsi utamanya adalah kebutuhuan masyarakat di kota ini. Meskipun konsep smart city belum banyak diadopsi oleh beberapa pemerintah kabupaten atau kota di Indonesia, namun lambat tapi pasti hal ini adalah keniscayaan seiring dengan pertumbuhan masyarakat milenia atau usia produktif yang sudah melek teknologi. Saat ini, sudah mulai banyak pemerintah atau kota mulai menggagas smart city, kendati bicara soal infrastrukturnya menelan biaya investasi yang tidak sedikit.

ada point penting terkait dengan definisi smart city yang sering berbeda satu sama lain. Smart city bukan berarti menerapkan salah satu solusi saja. Smart city adalah sebuah ekosistem yang berbasis IT dan Internet of Things menjadi salah satunya. Pemerintah dan pihak swasta yang bekerja sama untuk membuat ekosistem tersebut.” pemerintah kota berperan penting dalam mendorong perkembangan smart city  di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di Indonesia.

Baca juga: Smart Home Berbasis IoT, Solusi Rumah Aman dan Nyaman

Tantangan

Seiring pengembangan tata kota dan perkotaan harus dirancang secara pintar sehingga tercipta gaya hidup yang lebih efisien, dan efektif. Terlebih di era teknologi digital saat ini yang memungkinkan tereduksinya kebutuhan perjalanan dan pada gilirannya berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan serta penghematan penggunaan bahan bakar. Sangat penting mewujudkan sebuah ekosistem smart cities yang melibatkan peran aktif pemerintah maupun masyarakatnya. “Konsep kota pintar bisa dimulai dari inisialisasi warganya (bottom up). Peran masyarakat kota dan sekitar kota dapat menciptakan kondisi medukung ini hanya perlu eford yang besar pengertian pada mereka ini yang di butuhkan bantuan dari organisasi masyarakat atau perkumpulan lain.

Ini adalah langkah kesuksessan suatu rencana smart cities yaitu ada dua, digital city strategies yang melibatkan inisiatif formal pemerintah kota, serta digital society initiative yang melibatkan gerakan kolaboratif dari masyarakat kota sehingga berjalan beriringan.

 

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile