definisi internet of thingsTeknologi Internet of Things (IoT) kini  banyak dipakai sebab keunggulannya sebagai teknologi yang memiliki beragam manfaat bagi pekerjaan manusia. Tapi sebenarnya apa sih definisi internet of things ? Teknologi canggih berbasis internet tersebut memberikan dampak berupa efisiensi, efektivitas dan kecepatan dalam melakukan tugas tertentu.  

Dalam perkembangan teknologi selama beberapa tahun terakhir, IoT adalah yang paling mendominasi. Hanya dengan internet saja, kita dapat menghubungkan benda sehari-hari. Mulai dari peralatan dapur, mobil, termostat, dan perangkat lain yang disematkan. Tak hanya pada peralatan saja, kini komunikasi pun menjadi tanpa batas dan banyak hal dapat dilakukan antara orang, proses, maupum benda.

IoT juga mempengaruhi beberapa kegiatan komputasi berbiaya rendah. Seperti cloud, big data, analitik, dan teknologi seluler. Berkat IoT sistem digital dapat merekam, memantau, dan menyesuaikan setiap interaksi. Sehingga kini dunia menjadi serba terhubung ini.

 

Teknologi yang Memungkinkan IoT

Pengembangan ide IoT sendiri telah ada sejak lama. Namun ada beberapa factor yang membuat pengembangan sejumlah teknologi IoT menjadi pesat seperti saat ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pengembangan Teknologi Berbiaya Rendah

    berkat akses dalam pengembangan teknologi tersebut berbiaya rendah. Maka tak sedikit penelitan teknologi berbasis IoT untuk lebih banyak dikembangkan oleh produsen.

  • Konektivitas

    Sejumlah protokol jaringan untuk internet telah memudahkan untuk menghubungkan sensor ke cloud dan “hal” lainnya untuk transfer data yang efisien.

  • Platform Computing Cloud

    Peningkatan ketersediaan platform cloud memungkinkan bisnis dan konsumen untuk mengakses infrastruktur yang mereka butuhkan untuk ditingkatkan tanpa benar-benar harus mengelola semuanya.

  • Pembelajaran Mesin Dan Analitik

Dengan kemajuan dalam pembelajaran mesin dan analitik, serta akses ke beragam dan sejumlah besar data yang disimpan di cloud, bisnis dapat mengumpulkan wawasan dengan lebih cepat dan lebih mudah. Munculnya teknologi sekutu ini terus mendorong batas-batas IoT dan data yang dihasilkan oleh IoT juga memberi makan teknologi ini.

  • Kecerdasan buatan percakapan (AI)

    Kemajuan dalam jaringan saraf telah membawa pemrosesan bahasa alami (NLP) ke perangkat IoT (seperti asisten pribadi digital Alexa, Cortana, dan Siri) dan membuatnya menarik, terjangkau, dan layak untuk digunakan di rumah.

 

IoT Industri?

Industrial IoT (IIoT) mengacu pada penerapan teknologi IoT dalam pengaturan industri, terutama yang berkaitan dengan instrumentasi dan kontrol sensor dan perangkat yang menggunakan teknologi cloud. Lihat PDF kasus penggunaan Titan ini untuk contoh IIoT yang baik. Baru-baru ini, industri telah menggunakan komunikasi mesin-ke-mesin (M2M) untuk mencapai otomatisasi dan kontrol nirkabel. Tetapi dengan munculnya cloud dan teknologi terkait (seperti analitik dan pembelajaran mesin), industri dapat mencapai lapisan otomatisasi baru dan dengan itu menciptakan pendapatan dan model bisnis baru. IIoT terkadang disebut sebagai gelombang keempat revolusi industri, atau Industri 4.0. Berikut ini adalah beberapa kegunaan umum untuk IIoT:

  • Smart Manufaktur
  • Aset yang terhubung dan pemeliharaan preventif dan prediktif
  • Jaringan listrik pintar
  • Kota pintar
  • Logistik yang terhubung (kunjungi Oracle Cloud Logistics)
  • Rantai pasokan digital cerdas

Baca Juga : Keunggulan Internet of Things dalam Membantu Kehidupan Manusia

Manfaat IoT dalam Bisnis

Peran internet pada e-commerce sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis saat ini. Baik pengusaha kecil atau pebisnis pemula pun kini berkembang maju menembus pasar berkat adanya IoT. Sehingga hal ini membawa era yang baru dalam pertumbuhan dan peningkatan profitabilitas bagi bisnis yang memanfaatkan teknologi IoT.  

Nah, manfaat utama dari teknologi ini pada bidang bisnis adalah menghemat biaya operasional. Sehingga dapat menghasilkan profit yang bagus dengan minimum pengeluaran. Hal ini karena IoT dapat meningkatkan proses kontrol kualitas serta mampu memprediksi adanya kegagalan peralatan pada jalur produksi. Penggunaan IoT juga membantu bisnis dalam pengurangan biaya energi. Yaitu dengan memakai beberapa solusi yang lebih cerdas. 

Lalu, IoT juga dapat meningkatkan produktivitas pada bisnis atau usaha. Sebab dengan IoT kita dapat mengetahui produk apa yang paling banyak konsumen minati. Sehingga dengan data itu kita bisa mengetahui asal mula datangnya permintaan dan tingkat persaingannya. 

Terakhir,peran IoT di dalam bisnis akan memberikan kepuasan bagi para pelanggan. IoT bisa berfungsi sebagai perangkat yang mengumpulkan data, teknologi IoT akan membantu bisnis dalam mengidentifikasi ketidakpuasan para pelanggan mereka dan mengambil tindakan proaktif atau reaktif seperti yang telah ada di dunia perbisnisan.

Baca Juga : Cara Memulai dan Menjalankan Bisnis Jasa Sewa Vending Machine