Istilah Internet of Things (IoT) sudah akrab di telinga kita beberapa tahun terakhir. Keunggulan Internet of Things bukanlah suatu teori saja. Ia menjadi dambaan banyak orang modern sebab lebih fungsional dan praktis tanpa memakai kabel.

IoT sendiri merujuk pada konsep atau program berisikan obyek yang sanggup mengirimkan data via jaringan tanpa dukungan piranti komputer dan manusia. Dalam pemakaian IoT kita bisa melihat sumbangsih dari internet, Quick Responses Code dan microelectromechanical (MEMS).

 

IoT sudah banyak dipakai pada banyak teknologi berbasis sensor. Misalnya, teknologi nirkabel, QR Code. Dalam praktek kesehariannya, IoT dipakai untuk Google Ai dan Amazon Alexa.

 

Keunggulan Internet of Things di banyak sektor

Keunggulan Internet of Things

Ilustrasi Alexa kecerdasan buatan untuk smarthome

Sektor kesehatan adalah salah satu bidang dimana IoT banyak berperan. Contoh pemakaiannya adalah dalam mendata detak jantung, mengukur kadar gula dalam tubuh, dan memeriksa suhu tubuh.

 

Tenaga medis akan menyimpan hasilnya ke dalam data berskala besar atau big data. Mereka tidak perlu mencatat secara manual. Cukup mengirim hasil pemeriksaan tersebut ke mesin IoT agar melakukan tugas menurut algoritma yang dibuat sebelumnya.

 

Untuk bidang energi, keunggulan Internet of Things dapat diketahui dari perannya menjaga lingkungan hidup. Sebagai contoh, sensor cahaya sanggup mengurangi pemakaian energi listrik. Sensor ini bisa menangkap partikel cahaya. Lampu akan otomatis mati jika cahaya berlebih dan hidup saat pasokan cahaya nol.

 

Di dalam rumah, keunggulan Internet of Things dapat dirasakan dalam sistem penjadwalan pada mesin oven dan mesin pemanas yang terhubung ke internet. Bisa pula kita temukan pada TV pintar yang memungkinkan pencarian saluran TV melalui IoT dengan menyambungkannya dengan selera penonton.

 

Untuk sektor transportasi, IoT memungkinkan mobil dapat berjalan tanpa kemudi manusia. Hal ini sudah diujicoba di beberapa negara maju. Mobil di negara tersebut sudah bisa berjalan secara autopilot layaknya di pesawat terbang.

 

Teknologi IoT turut membantu dalam mengendalikan sistem lalu lintas baik dalam situasi macet atau lancar sehingga pada akhirnya bisa mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

 

Pada sektor lingkungan umum, teknologi IoT mempermudah dalam meneliti mutu air sebab menyediakan informasi yang bisa diandalkan. Cara kerja IoT memungkinkan pemeriksaan bisa dilakukan pada banyak wilayah. Hasil data bisa dikirimkan secara gegas.

 

Baca Juga : Manfaat IOT yang Berguna Bagi Industri Manufaktur

 

Kegunaan Internet of Things Secara Umum

ilustrasi IoT secara umum

Dari berbagai contoh penerapan di atas, IoT menghadirkan tiga manfaat secara garis besarnya. Ia mempermudah proses hubungan antar perangkat atau mesin. Koneksi yang lebih baik akan membuat pengoperasian sistem perangkat berjalan lebih cepat dan fleksibel.

 

Fungsi kedua adalah efisiensi kerja. Hal ini bisa terjadi berkat semakin banyaknya konektivitas jaringan yang tercipta. Akibatnya, waktu dalam melakukan tugas lebih efektif.

 

Dan yang terakhir adalah menambah efektivitas pemantauan kegiatan. Sebagai tambahan, teknologi IoT sanggup memberikan rekomendasi atau saran pekerjaan yang lebih baik bagi pemakai.

 

Baca Juga : Miliki Konsep Smart City Terbaik di Dunia, Lima Kota Ini Semakin Maju