Sejarah berkembang vending machine yaitu berasal dari Jepang. Selain terkenal dengan Gunung Fuji, sushi atau animenya, Jepang juga dikenal memiliki benda atau mesin yang serba otomatis dan berteknologi tinggi.

Salah satunya adalah vending machine atau bahasa indonesia nya mesin vending. Mesin ini bekerja untuk mengeluarkan berbagai barang mulai dari makanan ringan, kopi, teh, rokok, permen, sup, makanan panas, bahkan sake dan bir dari dalam mesin secara otomatis.

Dilansir dari Business Insider, menurut Asosisasi Produsen Mesin Penjual Otomatis Jepang atau Japan Vending Machine Manufactures Association, ada 1 mesin penjual otomatis di setiap 23 orang yang berbaris.

sejarah vending machine jepang

Bila menengok ke belakang, vending machine pertama kali muncul tahun 1888, dengan menjual rokok. Kemudian, di tahun 1960an, sehabis Perang Dunia, Jepang bergerak cepat untuk membenahi negaranya, di era inilah mesin penjual otomatis begitu populer.

sejarah vending machine jepang

Sejarah Vending Machine

Alasan mengapa vending machine kala itu menjadi bintang juga beragam, menurut William A. McEachern, seorang profesor ekonomi di Universitas Connecticut, Amerika Serikat hal ini dikarenakan angka kelahiran di Jepang menurun.

Sementara penduduknya didominasi mereka yang sudah berumur, faktor lainnya karena kurangnya imigrasi yang akhirnya membuat tenaga kerja menjadi langka dan mahal.

Dalam bukunya tentang makro ekonomi di tahun 2008, McEachern juga mengatakan bila mesin penjual otomatis menjadi solusi untuk masalah ini. Vending machine dianggap mampu ‘menghilangkan’ pegawai yang bertugas untuk menjual barang.

Maka tak heran, bila akhirnya mesin ini mulai menyebar ke seluruh negeri termasuk Indonesia dengan menawarkan beragam kemudahan kepada masyarakat untuk belanja. Dan para pedagang juga turut diuntungkan, karena mereka juga diberi kemudahan dengan hadirnya vending machine.

Populasi Penduduk

Selain itu, alasan mengapa vending machine begitu dicintai karena harga tanah yang tinggi. Dengan populasi 127 juta orang di dalam suatu negara yang besarnya seperti California, Jepang menjadi salah satu negara padat di dunia dan 93% penduduknya tinggal di kota.

Kepadatan penduduk inilah yang menyebabkan harga real estate terus melonjak selama beberapa dekade. Yang akhirnya memaksa penduduk untuk tinggal di apartemen. Maka dari itu, para penjual lebih memilih menggunakan vending machine ketimbang menyewa kios untuk menjajakan dagangannya.

Itu semua ada di Jepang, bagaimana di Indonesia ? di Indonesia vending machine sudah ada beberapa di kota besar termasuk Jakarta. Anda bisa temukan di mall atau tempat umum seperti stasiun, terminal, supermarket.

Mereka menjual sama seperti di Jepang, rokok, makanan, minuman dan lainnya. Pembayaran vending machine juga sudah dilengkapi dengan pembayaran virtual dengan OVO, Go-pay, serta Dana.

Nah untuk Anda yang ingin membuat vending machine, kami selaku perusahaan/vendor vending machine di Jakarta, melayani pembuatan ini sampai ke seluruh kota di Indonesia. Sekian dari artikel kami mengenai sejarah vending machine di Jepang.

Dapatkan penawaran spesial dibawah ini.

Whatsapp