Vending Machine adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis.

Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.

Asal Usul Vending Machine

Vending Machine adalah karya Heron yang berasal dari Alexandria. Heron adalah seorang insinyur matematika abad pertama. Vending Machine modern pertama diperkenalkan di London, Inggris pada awal 1880-an, yaitu mesin penjual kartu pos otomatis. Vending Machine pertama di Amerika Serikat dibangun pada tahun 1888 oleh Perusahaan Gum Thomas Adams, dan menjual permen karet di Kota New York.

Pada tahun 80-an terciptanya vending machine yang menjual permen karet. Mesin tersebut diberi nama “Glico”. Pada tahun 1897 ketika Perusahaan Manufaktur Pulver menambahkan angka kecil di sekitar mesin, yang akan bergerak setiap kali seseorang membeli permen karet dari mesin mereka.

Gagasan ini melahirkan mesin penjual otomatis jenis baru yang dikenal sebagai “perdagangan stimulator” dan kelahiran mesin slot serta mesin pinball pertama berakar pada perangkat ini. Ide menambahkan permainan pada mesin ini adalah untuk menaikkan insentifitas pembeli.

Pada Desember 1970 salah satu industri pembuat vending machine di Dallas, Texas, membuat vending machine yang dapat berbicara yang disebut dengan “venda talker”. Ketika pembeli memasukkan koin, mesin kemudian mengatakan “terima kasih” dan dan suara itu disuarakan oleh comic Henny Youngman.

Cara Kerja Vending Machine

Vending Machine membutuhkan uang koin maupun uang kertas untuk proses kerjanya. Namun, yang paling populer adalah uang koin. pada bagian sudut tertentu, terdapat lubang untuk memasukan uang koin.

Uang koin yang telah dimasukkan akan jatuh kedalam pengkait dan mesin didalamnya akan berjalan secara otomatis. Mesin tersebut berjalan sambil menjatuhkan barang yang pembeli pilih, dan terakhir pembeli tinggal mengambil dari balik pintu kecil yang telah disediakan.

Banyak sekali kita sudah memberikan artikel pengetahuan tentang vending machine. Untuk berita lain berkaitan dengan vending machine. Baca disini.