Apabila Anda ingin memulai bisnis tanpa mengeluarkan banyak modal, vending machine adalah jawabannya. Peluang usaha vending mesin menawarkan banyak keuntungan bagi Anda yang berniat memulai usaha atau banting setir ke jenis usaha baru.

Vending mesin adalah mesin penjual otomatis yang bisa melayani pembelian dan pembayaran tanpa menggunakan jasa manusia. Saat ini, sudah banyak vending mesin yang dijumpai di tempat umum di seluruh Indonesia. Contohnya adalah di bandara, rumah sakit, stasiun kereta api, hingga terminal bus.

Bagi konsumen, vending mesin sangat praktis sebab tinggal klik barang sesuai yang diinginkan dan pindai kode QR untuk pembayaran melalui dompet digital. Dari segi pebisnis, vending mesin signifikan memangkas ongkos pengeluaran, khususnya membayar tenaga karyawan. Anda hanya perlu merawat dan mengecek kondisi mesin agar tanggap memperbaiki jika rusak.

Peluang usaha vending mesin di Indonesia

Image: istock

Keunggulan memanfaatkan peluang usaha vending mesin di sini adalah masih banyak jenis produk untuk ditawarkan dengan sistem pembuatan mesin yang mengikuti pemesannya.

1. Makanan dan minuman

Ini merupakan jenis produk yang paling sering ditawarkan di vending mesin. Rata-rata, makanan dan minuman di sini tergolong ringan yang merujuk pada botol kaleng atau plastik. Contoh makanannya yakni mie instan, biskuit, dan coklat. Sedangkan untuk minuman, yang paling sering ditawarkan adalah teh botol, kopi botol, dan minuman buah-buahan dalam bentuk kotak atau kaleng.

2. Obat-obatan

Vending mesin juga bisa seperti apotik berjalan, loh! Anda bisa menawarkan berbagai jenis obat-obatan yang tentunya tanpa resep dokter. Jenis produk ini sangat membantu bagi mereka yang tiba-tiba mendadak membutuhkan pertolongan obat tertentu tetapi tidak punya waktu ke apotik. Contoh obat yang dijual di vending machine obat meliputi vitamin C, obat sakit kepala, dan obat demam.

3. Emas

Bahkan Anda bisa menjual emas melalui vending mesin. Contohnya adalah mesin yang dibuat oleh MONSTER MAC ini, yang bernama Gold Lakuemas. Dengan keamanan yang tinggi, vending machine emas ini menawarkan cara transaksi emas baru tanpa perlu repot ke toko emas.

4. Sayuran segar

Sayuran segar dapat dijual melalui vending mesin. Peluang usaha vending machine ini untuk saat ini belum populer di Indonesia. Tetapi, justru inilah prospek yang menjanjikan, terutama jika ditempatkan di kawasan perkotaan dimana mayoritas warga akan sibuk sehingga tidak sempat pergi ke pasar.

5. Makanan laut

Ini merupakan prospek bisnis yang relatif baru. Selama ini, kita mengandalkan hasil tangkapan nelayan untuk bisa menikmati hidangan laut atau seafood. Dengan vending mesin seafood, konsumen bisa memasak kapan saja mereka mau dengan cukup membeli seafood melalui vending mesin Anda.

6. Mobil

Ide ini bisa menjadi pertimbangan untuk menjajal peluang bisnis mesin otomatis di masa depan. Dijamin pecinta otomotif akan penasaran dengan transaksi memakai mesin ini.

7. Alat elektronik

Alat elektronik cocok untuk digarap sebab saat ini alat elektronik sudah seperti kebutuhan primer bagi masyarakat di Indonesia. Contoh yang bisa dicoba adalah smartphone, kipas angin, televisi, hingga microwave.

8. Sepatu

Males gonta-ganti sepatu lantaran ukuran yang kurang pas di toko atau ribet mengurus pengembalian sepatu jika membeli di toko daring? Mungkin ini bisa menjadi inspirasi produk berikutnya untuk dijual melalui vending mesin.

9. Tata rias

Menjual produk tata rias sudah dilakukan di Amerika Serikat, yang bertujuan membantu pelancong tetap kece dan cantik setelah lupa membawanya dari negara asal mereka. Tentunya, ini akan seru buat dijajal di Indonesia dimana banyak yang saat ini sudah peduli penampilan, baik pria dan wanita.

10. Produk daur ulang

Salurkan kontribusi Anda untuk Bumi yang lebih hijau dengan menawarkan mesin pendaur ulang sampah botol. Anda bisa mengandalkan MONSTER MAC untuk menyediakan mesin ini dimana pengguna nanti dapat mendapatkan hadiah atau berdonasi.

Baca juga: Tips Bisnis Vending Machine Sukses dan Anti Boncos

Skema bisnis vending mesin

1. Sistem sewa

Jika modal masih terbatas, Anda bisa menyewa vending mesin untuk ditempatkan di lokasi yang sudah dimiliki atau mengontrak. Dalam skema ini, Anda harus melakukan survei terlebih dahulu pemilik vending mesin mengenai kondisi mesin dan skema bagi hasilnya.

2. Sistem beli

Membeli vending mesin menjadi pilihan berikutnya apabila modal sudah memadai. Mesin baru lebih menguntungkan sebab menjadi hak milik pribadi. Selain itu, kondisi mesin lebih baik dan akan hingga beberapa tahun. Yang diperlukan adalah menemukan penyedia vending mesin yang handal untuk keperluan perawatan dan pemeliharaannya.

Cara memulai bisnis vending mesin

Berikut tahapan untuk mewujudkan peluang usaha vending mesin:

1. Meriset pasar

Riset pasar menjadi dasar sekaligus pondasi bisnis hingga seterusnya. Dalam melakukan riset pasar, berikut pertanyaan yang bisa dijadikan tolok ukur:

  • Apakah Anda akan membeli mesin atau mencari lokasi sendiri?
  • Sudahkah ada rute penempatan mesinnya?
  • Apakah lebih baik jika membeli waralaba mesin?
  • Jenis produk apa yang sebaiknya dijual?
  • Siapa saja target pembeli?
  • Berapa kira-kira potensi pendapatannya?

2. Menyusun rencana bisnis

Selangkah berikutnya adalah menulis rencana bisnis dimana Anda mengecek banyak hal agar ide bisnis memang berpotensi laris. Aspek yang perlu dimatangkan adalah pengecekan lokasi vending mesin nantinya. Elemen lainnya, mewawancarai warga sekitar tentang pendapat mereka mengenai mesin otomatis. Dari informasi yang didapatkan, Anda bisa menyusun rencana bisnis secara lebih nyata.

3. Menentukan lokasi mesin dan menandatangani perjanjian

Terakhir adalah memastikan lokasi mesin nantinya. Direkomendasikan untuk mencari lokasi dimana akan ramai publik, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, bandara, terminal bus, dan stasiun kereta api. Tempatkan vending mesin dengan produk yang belum ada di lokasi tersebut. Pastikan juga lokasi sekitar vending mesin aman.

Lalu, buatlah kontrak yang di dalamnya terdapat klausul penggantian biaya ganti rugi untuk pemilik bisnis atau properti. Ongkos ini untuk menyetel mesin menurut kontrak dan biaya listriknya. Aspek lain dalam kontrak adalah persentase bagi hasil menurut penjualan kotor Anda. Umumnya, komisi sekitar 7% tetapi bisa berbeda menurut jumlah dan ukuran vending mesin.

Kontrak juga sebaiknya memuat jenis mesin, produk yang dijual, durasi kontrak, hingga ketentuan penghentian kerjasama jika pelanggaran atau kerugian terjadi.

Itulah pembahasan mengenai peluang usaha vending mesin di Indonesia. Jika tertarik, silahkan menghubungi MONSTER MAC, yang sudah berpengalaman membuat aneka vending mesin sesuai kebutuhan klien.

Baca juga: Tips Penempatan Vending Machine supaya Laris Manis


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami