Antrian panjang dalam suatu gerai kini bukanlah suatu permasahan besar dengan adanya Self Service Kiosk. Sebab Self Service Kiosk terbukti efisien dalam menanggulangi antrian pada saat proses administrasi yang biasa dilakukan di suatu gerai. Alur penggunaan mesin pun mudah, sebab pelanggan hanya perlu beberapa kali melakukan klik dalam melakukan cekin secara mandiri. Sehingga sangat mudah digunakan dan sangat menghemat waktu. Tak hanya itu, taukah kamu bahwa manfaat self service kiosk dapat tingkatkan omzet dan jumlah pelanggan?

 

Keuntungan Bagi Pebisnis

Tidak sedikit restoran cepat saji yang telah bereksperimen dengan aplikasi dan kiosk self service. Restoran cepat saji seperti Mc Donalds dan Taco Bell menemukan bahwa dengan kiosk self service, cenderung menghabiskan lebih banyak uang. Taco Bell baru-baru ini mengumumkan bahwa pesanan yang dibuat melalui aplikasi digital mereka 20% lebih banyak daripada yang diambil oleh kasir manusia. Sebab sebagian besar pelanggan memilih menu tambahan kiosk self service.

 

Menurut Pendapat Para Ahli

Jadi mengapa naik? Diungkapkan oleh Ryan Buell, asisten profesor di Harvard Business School, yang mempelajari persimpangan operasi dan perilaku pelanggan. Ternyata teknologi swalayan dapat secara dramatis mengubah apa yang orang lakukan dan bagaimana mereka bertindak. Meskipun penelitian ini sendiri belum tentu menjadi pilihan terbaik untuk semua bisnis.

Tak hanya Ryan Buell, empat peneliti di Rotman School of Management, Duke’s Fuqua School of Business, dan National University of Singapore melakukan penelitian dan menemukan fakta baru terkait kiosk self service. Yakni ketika toko minuman keras berubah dari tatap muka menjadi self service, maka pasar pangsa item yang sulit diucapkan meningkat 8,4%. Sehingga para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa konsumen mungkin takut dikira tidak canggih di depan pegawai. Maka adanya self service ini juga dapat menghilangkan gesekan sosial.

Contoh menarik lainnya yang mereka lihat adalah Domino Pizza yang juga memperkenalkan pemesanan online. Pelanggan yang memesan secara online memesan makanan dengan rata-rata 3% lebih banyak, dan juga memberikan instruksi khusus 14% lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata pembelian melalui telepon. Mereka menyimpulkan bahwa keinginan pelanggan untuk menghindari penilaian negatif dari kebiasaan makan mereka mendorong perubahan.

Nah dari pemaparan di atas, rupanya cukup banyak manfaat self service kiosk bagi bisnis, utamanya pada bisnis restoran siap saji. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Self Service Kiosk di bisnis yang dijalankan?  Monster Mac siap membantu kebutuhanmu.

Baca Juga : Mesin Antrian Pintar Bantu Layani Pelanggan lebih Efisien dan Teratur


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !