Memulai bisnis vending machine bisa dikatakan mudah. Walaupun tergolong mudah, dalam memulai bisnis vending machine kita pasti tidak mau rugi bukan? Untuk itu kita harus benar-benar memahami seluk beluknya, agar dapat menghindari kesalahan bisnis vending machine.

Banyak dari pebisnis vending machine pemula yang bingung untuk memulai dari mana bisnis ini. Sebab cukup banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari cara menyewa atau membeli mesin, hingga strategi pengembangan bisnisnya seperti apa. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk memulai ini, kalian wajib memperhatikan 3 kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pelaku bisnis vending machine. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan Monster Mac berikut ini !

3 Kesalahan Umum yang Dilakukan Oleh Pebisnis Vending Machine

Kesalahan Bisnis Vending Machine

Memperhatikan Lingkungan Sekitar 

Jika kalian ingin coba berjualan snack atau minuman ringan di vending machine, kalian perlu memperhatikan adanya persaingan di sekitar lokasi. Apakah di lokasi sekitar terdapat minimarket atau kantin lainnya. Hal ini cukup berpengaruh pada penjualan vending machine. 

Jika di lokasi sekitar terdapat bisnis pesaing, ada baiknya kalian memilih jenis produk yang berbeda untuk dijual. Jadi, pilihlah produk yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung namun berbeda dengan yang dijual oleh pesaing.

Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh. Sebab pengunjung di suatu lokasi memegang peranan penting pada hasil. Sebab apabila vending machine ditempatkan di titik yang sepi, maka hasil penjualan pun tidak akan memuaskan. Bahkan hanya membuang-buang biaya listrik atau biaya sewa lokasi.

 Untuk  itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi, antara lain:

  • Jumlah orang yang lewat

Anda harus memperhatikan jumlah orang yang berkunjung ke lokasi tersebut. Pastikan berapa orang pula yang melewati area vending machine yang ditempatkan. Hal ini perlu diperhatikan agar pengunjung tahu adanya vending machine dan produk menarik apa saja yang tersedia.

  • Durasi 

Anda juga perlu memperkirakan berapa lama pengunjung atau penghuni gedung menghabiskan waktu di lokasi vending machine tersebut ditempatkan.

  • Kepadatan 

Jumlah dan kepadatan penduduk di sekitar vendig machine juga berpengaruh. Untuk itu, tak ada salahnya kalian mengkalkulasi kepadatan pengunjung gedung di titik penempatan

Baca Juga: Coffee Vending Machine Hasilkan Keuntungan Terbaik bagi Bisnis Anda

Target Market

Menentukan target market juga tak kalah pentingnya. Sebab jika kita mengetahui target market dengan baik, maka kitab isa mengetahui produk apa saja yang memiliki potensial untuk laris manis. Sehingga sebelum kalian menentukan produk apa saja yang akan masuk di vending machine, pastikan kalian sudah melakukan survey dan riset pasar. 

Hal ini penting untuk mengetahui produk apa yang banyak diminati oleh masyarakat dekat lokasi vending machine itu ditempatkan. Contohnya, produk makanan ringan akan menghasilkan penjualan tertinggi jika ditempatkan di area sekolah karena banyak siswa yang ingin mengisi waktu istirahat dengan memakan camilan dan makanan ringan.

Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhan bisnismu, lho