Computer vision adalah adalah bidang ilmiah di bidang teknologi kecerdasan buatan (AI), bidang ini mempelajari kemungkinan sebuah computer bisa melihat benda atau objek yang berada di sekitarnya. Adanya kemampuan untuk melihat objek tersebut membuat komputer dapat menganalisis sendiri benda atau gambar yang berada di depannya. Dari informasi tersebut dihasilkan suatu perintah tertentu.

Mengenal Apa itu Computer Vision Secara Lengkap

Cara Kerja Computer Vision

Computer Vision membutuhkan banyak data. Hal ini membuatnya analisis data berulang-ulang mulai dari membedakan obyek hingga akhirnya mengenali suatu bentuk atau gambar. Misalnya, untuk melatih komputer mengenali ban mobil, komputer perlu diberi sejumlah besar gambar ban dan benda terkait untuk mempelajari perbedaannya.

Dua teknologi penting digunakan untuk mencapai ini: jenis pembelajaran mesin yang disebut pembelajaran mendalam dan jaringan saraf convolutional  atau Convolution Neural Network (CNN).

Pembelajaran mesin menggunakan model algoritmik yang memungkinkan komputer belajar sendiri tentang konteks data visual. Jika data yang cukup dimasukkan melalui model, komputer akan “melihat” data dan belajar sendiri untuk membedakan satu gambar dari yang lain. Algoritma memungkinkan mesin untuk belajar dengan sendirinya, daripada seseorang memprogramnya untuk mengenali gambar.

CNN membantu pembelajaran mesin atau model pembelajaran mendalam dengan “melihat” dan memecah gambar menjadi piksel yang diberi tag atau label. Label tersebut kemudian digunakanuntuk melakukan konvolusi (operasi matematika pada dua fungsi untuk menghasilkan fungsi ketiga) dan membuat prediksi tentang apa yang “dilihat”.

Sama seperti manusia yang membuat gambar di kejauhan, CNN pertama-tama membedakan gambar dan bentuk sederhana. Kemudian mengisi informasi yang kosong saat menjalankan iterasi prediksinya. CNN digunakan untuk memahami gambar tunggal.

Fungsi Computer Vision

Computer vision mempunyai beberapa fungsi sehingga dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Adapun fungsi teknologi ini di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mengetahui objek lebih jelas

Penggunaan teknologi terbaru ini bermanfaat untuk mengetahui objek  lebih jelas. Contohnya seperti penggunaan kamera yang dapat menangkap objek  dengan lebih jelas.

2. Meningkatkan kualitas

Penggunaan computer vision juga dapat membuat gambar yang diambil  menjadi lebih berkualitas (jernih) sebagai image processing. Jadi objek yang diambil atau ditangkap akan diberi perintah berupa peningkatan kualitas gambar. Adanya sistem  ini  memungkinkan untuk mengurangi noise dalam gambar.

Baca Juga : Cara IoT Mengamankan ATM Dari Ancaman Kejahatan 

3. Analisis

Computer vision memungkinkan komputer langsung melakukan analisis proses untuk selanjutnya. Seperti  pada penggunaan mesin scanner, selain bisa digunakan untuk menangkap gambar juga dapat memproses langkah selanjutnya. Bisa untuk disimpan secara otomatis, atau perintah lainnya.

4. Memahami objek

Keberadaan teknologi ini dalam dunia industri seperti manufaktur akan sangat membantu proses produksi sebuah barang. Dengan adanya computer vision, maka memungkinkan komputer mampu memahami apa yang harus dilakukan. Hal tersebut berkaitan dengan teknik keceradasan buatan AI.

Baca Juga : Peran Smart City IoT Dalam Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami