Semakin berkembangnya teknologi, membuat kehidupan kita menjadi semakin mudah. Terutama di bidang perbankan, karena sekarang transaksi apapun dapat dilakukan dengan mudah melalui online. Lalu apakah kalian pernah penasaran bagaimana cara mengamankan ATM dengan teknologi Internet of Things (IoT) ?

cara mengamankan atm

Dewasa ini memang banyak masyarakat yang memakai aplikasi pembayaran dan perbankan digital untuk mengelola keuangan mereka. Namun ATM tetap menjadi platform umum dan paling populer untuk transaksi. Karena kepopulerannya ini, ATM kerap menjadi sasaran kejahatan dan mereka rentan terhadap serangan.

Baca Juga: Layanan ATM Security Menjaga Uang Tetap Aman di Dalam Mesin ATM

Dilansir dari ATM Marketplace, ancaman ATM dibagi menjadi tiga kategori. Yakni serangan fisik, penipuan keuangan, dan serangan logis.

  • Serangan Fisik

Ancaman ini berupa upaya untuk secara fisik membobol uang tunai atau media lain di dalam ATM.

  • Penipuan Keuangan

Berbeda dengan serangan fisik, ancaman ini adalah upaya mencuri data pemegang kartu untuk membuat kartu palsu. Contohnya seperti card skimming atau card trapping.

  • Serangan Logis

Ancaman ini berupa percobaan mencuri data pemegang kartu atau menguangkan ATM melalui perangkat eksternal atau perangkat lunak berbahaya.

Ketiga ancaman ini umum terjadi di industri perbankan dan keuangan. Banyak di antaranya yang dapat diselesaikan dengan teknologi IoT. Sebab IoT memungkinkan berbagai perangkat atau sensor untuk berkomunikasi satu sama lain, yang memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mendeteksi data dan mengirimkan informasi ini kembali ke pusat kendali. Demikian pula, sensor berbasis IoT juga dapat mendeteksi gerakan atau keberadaan apa pun di dalam pusat ATM dan mengirim peringatan tentang hal itu juga.

Tak hanya itu, perangkat berbasis IoT dapat membantu mengurangi kenaikan biaya operasional ATM serta membantu meningkatkan efisiensinya. Lalu bagaimana IoT membantu pusat ATM bank? Berikut adalah cara mengamankan ATM dengan memanfaatkan teknologi IoT yang umum dipakai di Industri Perbankan

Baca Juga: Apakah Sistem Keamanan ATM Perbankan Saat Ini Sudah Cukup?

Ekosistem Pemantauan ATM Tingkat Lanjut

IoT memastikan visibilitas maksimum situs ATM. Sensor berbasis IoT dan kamera pintar memungkinkan sistem pemantauan langsung yang membantu bank mengurangi risiko serangan. Sistem ini memungkinkan bank untuk mengamati, mengelola, dan melindungi tempat mereka dari aktivitas penipuan melalui dasbor yang mudah digunakan, yang juga dapat digunakan untuk melihat rekaman insiden dan kejadian kecelakaan.

Tindakan Pencegahan yang Andal

Didukung oleh analitik, tindakan pencegahan penipuan yang dapat disesuaikan dan peringatan audio dua arah memungkinkan perusahaan meningkatkan keamanan di tempat bisnis. Ekosistem yang luas ini akan merespon secara proaktif terhadap aktivitas penipuan dan memastikan layanan terbaik kepada pelanggan pada saat yang bersamaan. Misalnya, bank akan mendapatkan notifikasi setiap kali terjadi insiden yang tidak diinginkan di situs ATM mereka sehingga mereka dapat dengan mudah menentukan tindakan selanjutnya dengan menggunakan layanan SIAP (Smart IoT ATM Protection).

Baca Juga: Manfaat Sistem Keamanan ATM Dalam Mencegah Pencurian