Seringkali kita mendengar kata vending machine. Tapi apa arti vending machine? Arti Vending machine adalah mesin penjual otomatis, yang menyediakan barang-barang seperti makanan ringan dan minuman kepada konsumen setelah uang tunai dimasukkan ke dalam mesin.

Namun belakangan ini, vending machine mulai menyediakan pembayaran non tunai. Baik pembayaran menggunakan kartu debit, kredit, maupun E-Wallet. Tak hanya itu saja, perkembangan vending machine pun semakin beragam. Kini mulai banyak vending machine khusus yang menyediakan produk yang kurang umum.

Arti Vending Machine

Manfaat Vending Machine

Mesin yang banyak dijumpai di Jepang ini memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Berikut manfaat vending machine

1. Vending Machine yang membuat kita nyaman bisa beli apapun tanpa harus repot, yaitu dengan 2. Memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

2. Menghemat waktu.

3. Lebih efisien dan efektif, karena biaya yang dikeluarkan lebih ringan.

Jenis Vending Machine

Dari tahun 2000 hingga 2010, spesialisasi vending machine menjadi lebih umum. Penjual semakin meluas ke bidang non-tradisional seperti elektronik, atau bahkan karya seni atau cerita pendek. Mesin kategori baru ini umumnya disebut kios ritel otomatis. Saat menggunakan mesin ritel otomatis, konsumen memilih produk, terkadang menggunakan antarmuka layar sentuh, membayar pembelian menggunakan kartu kredit atau debit, lalu produk dibagikan, terkadang melalui lengan robot internal di dalam mesin. Tren spesialisasi dan proliferasi vending machine mungkin paling terlihat di Jepang.  Di mana vending machine menjual produk dari kertas toilet hingga makanan panas.

1. Vending machine mobil

Pada November 2013, pengecer mobil online Carvana membuka vending machine mobil pertama di AS, yang berlokasi di Atlanta. Lalu di akhir tahun 2016, Autobahn Motors, sebuah dealer mobil di Singapura. Dealer itu membuka vending machine mobil mewah setinggi 15 lantai yang berisi 60 mobil, mengeluarkan kendaraan Ferrari dan Lamborghini.

Baca Juga: Tips Perawatan Vending Machine Supaya Awet dan Pemasukan Lancar

2. Vending machine kentang goreng

Vending machine kentang goreng adalah mesin penjual otomatis yang mengeluarkan kentang goreng panas, juga dikenal sebagai keripik. mesin tersebut pertama yang diketahui dikembangkan sekitar tahun 1982 oleh Precision Fry Foods Pty Ltd. di Australia. Beberapa perusahaan telah mengembangkan dan memproduksi vending machine dan prototipe kentang goreng. Selanjutnya, mesin prototipe juga dikembangkan di Universitas Wageningen di Belanda

3. Jus jeruk segar diperas

Jenis mesin ini berisi jeruk segar dan mekanisme untuk memotong dan memerasnya untuk menghasilkan jus segar.

Cara Kerja Vending Machine

Pada dasarnya, cara kerja vending machine cukup mudah. Pertama-tama kita memasukkan kartu atau cukup uang ke mesin. Kemudian pelanggan memilih produk yang tersedia untuk dibeli. Lalu secara otomatis mesin akan mengeluarkan produk dan pelanggan dapat mengambil barang yang dibelinya.

Baca Juga: Smart Vending Machine Hasilkan Keuntungan 7×24 Jam Tanpa Henti


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami