Dewasa ini  kata Internet of Things (IoT) semakin banyak kita dengar. Tapi apa itu IoT? IoT sendiri adalah  program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui internet. Seringkali hal ini untuk mendorong penciptaan nilai baru. Objek tersebut dapat berupa perangkat komputasi, mesin mekanis dan digital. 

Manfaat yang didapat dari IoT secara luas disebut-sebut. Tapi apa kenyataan hari ini? Apa manfaat bisnis nyata dari IoT untuk dimanfaatkan sekarang?

 

Peluang bisnis baru

IoT dapat memberi Anda fasilitas untuk mengumpulkan data dari jaringan. Bahkan dapat pula menggunakan analitik tingkat lanjut untuk mengungkap wawasan dan peluang bisnis, serta mengurangi biaya operasional. Misalnya: pilih sampel data tentang pelanggan teratas Anda dan proses utama yang mendukung pelanggan tersebut. Uraikan apa yang dapat Anda kumpulkan untuk membuat garis dasar awal. Lihat bagaimana pelanggan meminta layanan dan respons Anda. Apakah Anda hanya menanggapi permintaan atau dengan mengumpulkan data IoT, dapatkah Anda menciptakan peluang baru untuk meningkatkan pendapatan?

 

Kemampuan baru untuk memprediksi dan bertindak

Peluang utama adalah kemampuan untuk memprediksi kebutuhan sebelum muncul dan bertindak dengan tepat berdasarkan wawasan dari jaringan IoT. Data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk membangun tren historis yang memprediksi masalah sebelum terjadi. Misalnya, garansi pabrik dan informasi pemeliharaan dapat dipasangkan dengan data yang dikumpulkan IoT untuk memprediksi insiden pemeliharaan. Anda bahkan memiliki kesempatan untuk menyediakan layanan bernilai tambah kepada pelanggan yang menghemat uang, sekaligus membangun loyalitas mereka.

 

Tingkatkan pemantauan

Dengan IoT, sensor dan perangkat pintar menyediakan kemampuan untuk mengelola jaringan objek fisik. Pertimbangkan untuk memantau di berbagai lapisan jaringan dan infrastruktur yang digunakan oleh Anda dan pelanggan Data yang Anda kumpulkan dari monitor di tempat dapat ditingkatkan dengan data tentang versi perangkat keras, versi Firmware, dan lokasi. Melampaui data sensor dan melihat bagaimana data itu ditangkap dan ditransfer, seperti stempel waktu dan log kesalahan untuk meningkatkan kinerja jaringan.

 

Layanan dan produk fine tune

Perusahaan terdepan menggunakan IoT untuk menyempurnakan layanan dan produk mereka. Apakah mereka membutuhkan sesuatu dari Anda?  Tetapi, karena arus informasi tidak disetel, hal itu menyebabkan gangguan. Cari celah atau interupsi data terkait dengan proses yang dilakukan pelanggan Anda. Lakukan sesuatu yang dapat menyempurnakan dan menutup masalah yang dialami pelanggan Anda.

 

Aliran pendapatan baru

Kemampuan IoT memungkinkan Anda menyiapkan dan meluncurkan produk dan layanan baru dengan cepat. Gunakan data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT untuk membantu memprediksi apa yang dibutuhkan pelanggan Anda dan mempercepat perencanaan dan penyampaian penawaran baru yang menghasilkan pendapatan. Gabungkan data IoT yang Anda kumpulkan dengan data historis untuk secara proaktif mengidentifikasi area pekerjaan baru, atau bisa dikatakan pendapatan baru. 

Bagaimana informasi dapat disajikan kepada pelanggan untuk meningkatkan interaksi dan menunjukkan tingkat fokus pelanggan yang tinggi. Misalnya, berikan data kepada karyawan call center yang membantu mereka menyarankan produk dan layanan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan.

 

Nah, sekarang sudah dipahami kan apa itu IoT ? IoT wajib anda pahami sebab peluang yang datang karena sistem ini sangat besar. Bahkan dapat mengubah sistem untuk hampir semua bisnis atau organisasi, terutama yang memulai transformasi digital. Jika Anda secara aktif menerapkan solusi IoT, Monster Mac siap membantu anda dalam memberikan solusi yang terbaik.

Baca juga : Definisi Internet of Things, Mulai Cara Kerja Hingga Manfaatnya bagi Bisnis