Vending machine atau mesin penjual otomatis, kini semakin dikenal karena praktis. Namun siapa sangka mesin itu ternyata memiliki sejarah yang panjang. Untuk itu di artikel kali ini Monster Mac akan mengulas tentang sejarah singkat vending machine.

Pada sekitar abad ke-16, tercatat bahwa vending machine ditemukan oleh ahli matematika Yunani Hero of Alexandria. Pria itu menemukan alat yang mengeluarkan air suci di dalam kuil-kuil Mesir. Lalu di abad yang sama pula ditemukan mesin kuningan kecil yang mengeluarkan tembakau. Mesin itu ditemukan di kedai minuman di Inggris sekitar tahun 1615. 

Pada tahun 1822, penerbit dan pemilik toko buku Inggris Richard Carlile membangun mesin pengeluaran koran yang memungkinkan pelanggan untuk membeli karya terlarang. Mesin penjual otomatis pertama yang mengeluarkan perangko, muncul pada tahun 1867.

 

Mesin yang Dioperasikan dengan Koin

Selama awal tahun 1880-an, mesin penjual otomatis pertama yang dioperasikan dengan koin diperkenalkan di London, Inggris. Mesin ini banyak ditemukan di stasiun kereta api dan kantor pos karena nyaman untuk membeli amplop, kartu pos, dan kertas catatan. Pada tahun 1887, penyedia mesin penjual otomatis pertama, Sweetmeat Automatic Delivery Co., didirikan.

Tahun berikutnya, Thomas Adams Gum Co. memperkenalkan mesin penjual otomatis pertama ke Amerika Serikat. Mereka dipasang di platform kereta bawah tanah yang ditinggikan di New York, New York, dan menjual permen karet Tutti-Fruiti. Pada tahun 1897, Pulver Manufacturing Co. menambahkan gambar ilustrasi ke mesin gumnya sebagai daya tarik ekstra. Mesin penjual otomatis permen karet bulat dan permen karet diperkenalkan pada tahun 1907.

Restoran yang Dioperasikan dengan Koin

Segera, mesin penjual otomatis menawarkan hampir segalanya, termasuk cerutu dan perangko. Di Philadelphia, Pennsylvania, sebuah restoran yang sepenuhnya dioperasikan dengan koin bernama Horn & Hardart dibuka pada tahun 1902 dan bertahan hingga tahun 1962.

Restoran cepat saji seperti itu, yang disebut automats, awalnya hanya mengambil uang receh dan populer di kalangan penulis lagu dan aktor yang sedang berjuang serta selebritas pada zaman itu.

Minuman dan Rokok

Mesin yang mengeluarkan minuman sudah ada sejak tahun 1890. Mesin penjual minuman otomatis pertama ada di Paris, Prancis, dan memungkinkan orang untuk membeli bir, anggur, dan minuman keras. Pada awal 1920-an, mesin penjual otomatis mulai mengeluarkan soda ke dalam cangkir. Saat ini, minuman adalah salah satu barang paling populer yang dijual melalui mesin penjual otomatis.

Pada tahun 1926, penemu Amerika William Rowe menemukan mesin penjual rokok otomatis. Seiring waktu, bagaimanapun, mereka menjadi kurang umum di Amerika Serikat karena kekhawatiran pembeli di bawah umur. Di negara lain, vendor mengharuskan semacam verifikasi usia, seperti SIM, kartu bank, atau ID, dimasukkan sebelum pembelian dapat dilakukan. Mesin pengeluaran rokok masih umum di Jerman, Austria, Italia, Republik Ceko, dan Jepang.

Mesin Khusus

Makanan, minuman, dan rokok adalah barang paling umum yang dijual di mesin penjual otomatis, tetapi daftar barang khusus yang dijual oleh bentuk otomatisasi ini hampir tidak ada habisnya, karena survei singkat di bandara atau terminal bus mana pun akan memberi tahu Anda. Industri ini mengambil lompatan besar sekitar tahun 2006 ketika pemindai kartu kredit menjadi umum di mesin penjual otomatis. Dalam 10 tahun, hampir setiap mesin baru dilengkapi untuk menerima kartu kredit, membuka pintu untuk penjualan banyak barang berharga tinggi.

Produk khusus yang ditawarkan melalui vending machine antara lain:

  • Buku
  • Elektronik, termasuk iPad, ponsel, kamera digital, dan komputer
  • Makanan panas, seperti kentang goreng dan pizza
  • Obat bebas
  • Mobil
  • Dan banyak mesin-mesin unik lainnya.

Ya, Anda membaca item terakhir dengan benar: Pada akhir 2016, Autobahn Motors di Singapura membuka mesin penjual otomatis mobil mewah yang menawarkan Ferrari dan Lamborghini. Pembeli jelas membutuhkan batas yang besar dan kuat pada kartu kredit mereka.

Negeri Mesin Penjual Otomatis

Jepang memiliki reputasi memiliki beberapa penggunaan paling inovatif dari penjual otomatis, menyediakan mesin yang menawarkan buah-buahan dan sayuran segar, sake, makanan panas, baterai, bunga, pakaian dan, tentu saja, sushi. Jepang memiliki tingkat mesin penjual otomatis per kapita tertinggi di dunia.

Masa depan

Tren terbaru adalah mesin penjual otomatis pintar, yang menawarkan layanan seperti pembayaran tanpa uang tunai; pengenalan wajah, mata, atau sidik jari; dan konektivitas media sosial. Kemungkinan mesin penjual otomatis di masa depan akan mengenali Anda dan menyesuaikan penawaran mereka dengan minat dan selera Anda. Mesin penjual minuman, misalnya, mungkin mengenali apa yang telah Anda beli di mesin lain dan menanyakan apakah Anda ingin “skim latte with double shot vanilla” seperti biasa.

Riset pasar memproyeksikan bahwa pada tahun 2020, 20% dari semua mesin penjual otomatis akan menjadi mesin pintar, dengan setidaknya 3,6 juta unit mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda sukai.

Dari bahasan sejarah singkat vending machine di atas, apakah Anda jadi tertarik untuk bisnis vending machine? Jika tertarik, Monster Mac siap membantu kebutuhan bisnismu.