pengertian vending machineSeringkali kita mendengar kata vending machine. Tapi apa sih pengertian vending machine? Vending machine adalah mesin penjual  otomatis yang menjual segala jenis produk. Mesin itu biasanya menjual rokok, makanan, minuman, dan mainan. Mesin penjual otomatis menjual produknya secara otomatis tanpa memerlukan karyawan dalam mengoperasikan mesin. Pada dasarnya, cara kerja vending machine adalah ketika seseorang memasukkan cukup uang ke mesin, kemudian pelanggan memilih produk yang tersedia untuk dibeli. Lalu secara otomatis mesin akan mengeluarkan produk dan pelanggan dapat mengambil barang yang dibelinya.

Vending machine ditemukan pertama kali oleh seorang pria bernama Heron. Ia adalah seorang Insinyur Matematika yang berasal dari Alexandria. Sedangkan vending machine modern pertama diumumkan di London pada awal tahun 1880-an. Vending machine pertama kali adalah mesin penjual kartu pos otomatis. Seiring berkembangnya jaman, kini vending machine berkembang dan menjual produk yang lebih variative. Bahkan kini vending machine tersedia di mana-mana, seperti hotel, mall, stasiun, bandara, bahkan di jalanan. Tak hanya itu, kini vending machine modern saat ini juga sudah bisa digunakan dengan menggunakan uang elektronik, sehingga pelanggan tidak perlu lagi membawa koin atau uang tunai.

 

Apa Saja Varian Vending Machine?

Mesin penjual otomatis generasi saat ini memiliki banyak jenis yang berbeda, seperti:

  • Bilik foto
  • Mesin tiket
  • Mesin penjual mobil otomatis 
  • Vending machine emas dan permata, dan daftarnya terus bertambah.

Menurut Wikipedia, vending machine di era moderen ini berevolusi menjadi mesin penjual otomatis pintar. Teknologi yang lebih baru dengan biaya adopsi yang lebih rendah membuat mesin ini berkembang dengan dilengkapi layar sentuh digital yang besar, konektivitas internet, kamera dan berbagai jenis sensor. Tak hanya itu, mesin juga seringkali dilengkapi dengan daya komputasi tertanam yang lebih hemat biaya, signage digital, berbagai sistem pembayaran canggih, dan berbagai teknologi identifikasi (NFC, RFID, dll).

Mesin penjual otomatis pintar atau smart vending machine ini kini memungkinkan user experience yang lebih interaktif, dan mengurangi biaya pengoperasian. Sehingga efisiensi operasi pun meningkat melalui pengelolaan jarak jauh dan analitik back-end yang cerdas. Sensor dan kamera terintegrasi juga mewakili sumber data seperti demografi pelanggan, tren pembelian, dan informasi spesifik lokasi lainnya. Sistem ini dinilai menarik karena memungkinkan keterlibatan pelanggan melalui multimedia interaktif dan konektivitas media sosial.

 

Tapi bagaimana mesin penjual otomatis benar-benar bekerja? 

Bagaimana vending machine bisa mendeteksi uang asli atau palsu? Bagaimana cara memberikan produk yang tepat yang dipilih pelanggan? dan Bagaimana cara kerja mesin secara umum? Pada artikel ini, Monster Mac akan memebahas tentang semua ini. Dari semua jenis mesin penjual otomatis yang disebutkan di atas, Monster Mac akan  menguraikan cara kerja mesin penjual makanan ringan modern yang dioperasikan dengan koin maupun melalui E-Money.

Jadi semuanya dimulai ketika pelanggan memasukkan koin mereka. Vending machine menggunakan sensor cahaya untuk mengukur ukuran koin dan elektromagnet untuk mendeteksi jenis logam untuk menentukan jenis koin itu. Jika ukurannya tidak tepat, atau koin dibuat menggunakan bahan yang berbeda, koin akan ditolak dan masuk ke saluran penolakan dankeluar kembali ke pelanggan.

Apabila koinnya benar, koin tersebut akan masuk ke bagian sortir, dimana koin tersebut akan disortir dan ditempatkan di kolom kanan, berdasarkan ukurannya. Setelah proses sebelumnya selesai, mesin akan dalam keadaan idle. Yakni menunggu pelanggan menekan tombol dan memilih snack mereka.

Dengan E-Money malah lebih mudah lagi, karena mesin vending machine akan terkoneksi dengan internet. Sehingga akan memudahkan transaksi digital dengan platform e-money.

 

Bagaimana mesin tahu produk mana yang dipilih pelanggan?

Di dalam vending machine, ada komputer berukuran mini, yang berfungsi sebagai otak mesin. Komputer tersebut akan melacak pembayaran, jadi jika pembayaran tidak cukup, makanan ringan tertentu tidak dapat diakses. Jika produk sudah dipilih, komputer tersebut memerintahkan 1 dari 32 alat motoric seukuran kotak korek api, untuk memutar kumparan spiral 360 derajat. Sehingga produk di sisi depan mesin akan jatuh ke dalam ruang Pelepas. Kemudian pelanggan dapat mengeluarkan camilan dari ruang tersebut.

Ketika makanan ringan jatuh ke tempat pengambilan, mesin akan memecahkan sepuluh sinar inframerah. Jika tidak ada yang melewati balok, itu berarti camilan belum dikirim. Jadi komputer akan memberi tahu motor untuk berputar 360 derajat lagi, sampai ada sesuatu yang melewati balok, dan makanan ringan dikirim. Setelah itu, komputer menghitung jumlah uang kembalian yang tepat yang harus dikembalikan. Kemudian bilik yang memiliki kolom koin yang ditumpuk akan mengeluarkan koin satu per satu, sampai uang kembalian yang tepat telah dikirimkan.

 

Baca Juga : Jual Vending Machine untuk Semua Kebutuhan Bisnis Anda