Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak peralatan dan teknologi canggih ditemukan untuk mempermudah aktivitas kita. Salah satunya adalah beacon. Penasaran, alat apa sih itu?  Yuk simak ulasan pengertian dan manfaat beacon berikut ini !

Beacon adalah alat transmiter bluetooth dengan ukuran yang kecil, tetapi dapat menyimpan kegunaan yang sangat besar. Jika diumpamakan, alat tersebut seperti mercusuar yang  dapat memberitahu pelaut sejauh apa mereka dengan daratan. Lalu kegunaan  utamanyaF adalah melakukan transmisi sinyal radio secara berulang-ulang, di mana nantinya sinyal ini dapat dikenali oleh alat dengan fitur bluetooth di dalamnya.

 

Isi Dari Beacon Apabila Dibongkar

pengertian dan manfaat beacon

Isi dari beacon bila dibongkar

Apabila dibongkar, beacon sebenarnya hanya berisi CPU, radio, dan baterai. Baterai biasanya berupa keping baterai litium, atau baterai yang dapat disambungkan dengan port USB untuk melakukan pengisian daya. Tetapi tak jarang juga ada juga beacon yang mengandung akselerometer, sensor suhu, dll. Walaupun isi berubah, namun fungsi utama alat tersebut tetap untuk melakukan transmisi sinyal radio.

 

 

Sinyal Yang Dipancarkan Oleh Beacon

Ilustrasi lokasi sinyal beacon

Beacon memancarkan kode unik. Jika ditangkap oleh alat yang dapat mendeteksi sinyal beacon, maka sinyal akan menunjukkan keberadaan lokasi transmitter bluetooth tersebut.

 

 

 

 

Cara Beacon Berinteraksi

lustrasi sistem dari Bluetooth Beacon

Sebenarnya cara alat tersebut berinteraksi pun cukup simple. Misalnya, sebuah pusat perbelanjaan memasang beacon di toko-toko pada tempat tersebut. Lalu semua beacon akan memiliki kode pengenal yang terdaftar dialat tersebut. Ketika ponsel yang beredar mempunyai Bluetooth, maka ponsel kamu bisa mengenali kode pengenal dari beacon yang berada di dalam toko tersebut. Jadi, melalui kode tersebut ponsel kamu dapat memantik aplikasi terkait untuk mengirimkan kupon diskon.

Tidak hanya itu, tetapi melalui alat tersebut juga dapat memberikan navigasi menuju barang yang diinginkan, dll. Hal yang harus dilakukan hanyalah menyambungkan posisi ponsel dengan aplikasi,kemudian sisanya dikerjakan oleh program beacon.

 

Cara Beacon Dapat Tersambung Dengan Website

Bentuk Beacon

Caranya adalah melalui Bluetooth. Seperti yang sudah dijelaskan  di atas, karena bluetooth ada dalam 90% dari ponsel yang beredar di seluruh dunia. Karena menggunakan bluetooth, maka alat tersebut dapat digunakan oleh sebagian besar ponsel. Apalagi kini Sebagian besar masyarakat memang kesehariannya banyak menggunakan ponsel.

Dengan jarak yang relatif dekat, Bluetooth sebenarnya bisa menyediakan layanan pengiriman data standar seperti penggunaan wifi. Sehingga penggunaan alat tersebut sebenarnya sangat sederhana. Karena pasti sudah ada web Bluetooth di sekitar anda yang dapat terhubung di beacon dan perangkat pintar termasuk ponsel anda. 

Alat ini juga biasa disebut juga BLE beacon, BLE adalah kepanjangan dari Bluetooth Low Energy. Sehingga penggunaan daya bisa lebih efisien dari bluetooth yang diperkenalkan 2010 lalu. Efisiensi energi ini sangat vital, sebab karena adanya efisiensi ini beacon bisa bertahan hingga bertahun-tahun dengan kepingan baterai yang sama.

 

Bagaimana Beacon berkomunikasi

4- Sistem beacon tersambung pada web

Beacon berkomunikasi dengan mengirimkan kode unik melalui transmisi sinyal. Lalu ponsel yang posisinya dekat, akan menangkap sinyal tersebut. Ketika aplikasi mengenali sinyal tersebut, maka sinyal akan disambungkan ke sebuah perintah yang sudah ditentukan di dalam cloud. Yang selanjutnya akan disampaikan kepada pengguna ponsel tersebut.

 

Nah, berikut adalah Beberapa kegunaan beacon :

  1. Untuk memberikan informasi.
  2. Untuk meningkatkan penjualan.
  3. Untuk berinteraksi.
  4. Untuk navigasi.
  5. Untuk analisis.
  6. Untuk melacak.
  7. Untuk keamanan.