Di banyak fasilitas publik di Indonesia, terutama kota-kota besar, vending machine sudah sering ditemukan. Praktis dan gampang, ternyata vending machine mempunyai sejarah panjang. Setidaknya ada empat fakta menarik vending machine hingga semakin banyak dipakai sekarang.

Mesin penjual otomatis atau vending machine di Indonesia umumnya menjual makanan kemasan, minuman, obat, hingga aksesoris. Mayoritas vending mesin berada di bandara, terminal, stasiun, dan pusat perbelanjaan. Di luar negeri, mesin penjual otomatis sudah jauh lebih lama eksis. Vending machine modern pertama kali diperkenalkan di London, Inggris, pada 1883. Dalam mesin ini, calon konsumen bisa membeli produk yang ditawarkan, seperti amplop, kartu pos dan catatan, memakai uang koin. Sedangkan untuk minuman, vending machine pertama kali ditemukan di Paris, Prancis, pada 1890.

4 Fakta Menarik Vending Machine

Image: Istock

1. Jepang salah satu surganya vending machine

Warga Jepang sehari-hari bergantung dengan mesin penjual otomatis untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Dengan tingkat kebutuhan yang tinggi, tidak mengherankan Jepang menjadi salah satu surganya vending machine. Hal ini dibuktikan dengan data Statista yang pada 2019 mengungkapkan 4,15 juta mesin penjual otomatis beroperasi di negara tersebut. Dengan jumlah tersebut, setiap mesin dapat melayani 23 orang.

Keamanan mesin penjual otomatis sangat terjamin di Jepang. Walau terletak di pelosok sekali pun, setiap mesin tidak akan dirusak atau dicuri. Ini berkat alat sensor dan CCTV yang secara otomatis dapat mengenali potensi bahaya. Jika CCTV dan alat sensor mengirimkan sinyal bahaya, petugas kepolisian akan langsung mengambil tindakan. Mereka akan langsung ke lokasi vending machine yang ditaruh dekat dengan pos mereka secara sengaja.

Budaya mesin penjual otomatis telah begitu lekat dengan warga Jepang. Ini terbukti dari varian produk yang dijual via vending machine, mulai dari kebutuhan pokok, peralatan kantor, pakaian, tempat memandikan anjing atau hewan lainnya, bahkan mobil.

2. Vending machine di Prancis dahulunya hanya menjual minuman mahal

Fakta menarik vending machine terjadi di Prancis. Dahulunya, mesin penjual otomatis di sana hanyalah menjual minuman mewah, seperti wine dan liquor. Keduanya identik dengan minuman berkelas dan sangat tinggi harganya.

Sekarang, jenis minuman yang dijual lebih beragam dengan harga yang lebih terjangkau. Contohnya adalah air mineral, teh, soft drink, dan sebagainya. Mesin penjual otomatis di Prancis menjual barang unik yang mungkin tidak ditemukan di negara lainnya. Cerita pendek atau cerpen bisa dibaca via vending machine di sana, loh! Penerbit rintisan Short Edition mempelopori penjualan cerpen via mesin penjual otomatis dimana pembeli dapat membaca hanya satu hingga lima menit saja.

Bagi yang tertarik, mesin penjual otomatis ini menyediakan bacaan dengan berbagai tema di fasilitas publik, seperti stasiun dan bandara. Dengan demikian, tidak hanya warga setempat melainkan juga turis bisa membaca cerpen secara praktis.

3. Vending machine merambah produk digital

Vending machine termasuk mesin penjual yang cepat beradaptasi dengan perkembangan dunia penjualan dan promosi. Hal ini terbukti dengan fakta menarik vending machine ke-3 yakni adanya mesin penjual otomatis yang menawarkan produk digital di Indonesia.

Salah satu pebisnis yang melakukan bisnis ini adalah Tri Indonesia yang meluncurkan 3 Digibox. Penyedia layanan telekomunikasi ini melayani calon pembeli untuk membeli kartu perdana Tri, mengisi pulsa, membeli paket data, hingga menukarkann kartu SIM yang hilang.

Metode pembayaran cukup beragam, mulai dari tunai, kartu kredit, hingga dompet digital. Pengguna Tri bisa melakukan transaksi via mesin ini di tempat umu, misalnya rumah sakit, universitas, dan tempat peristirahatan kendaraan.

4. Bangsa Mesir kuno penemu vending machine

Bangsa Mesir kuno lah yang pertama kali menemukan dan menggunakan vending machine. Heron dari Alexandria pada 200 tahun Sebelum Masehi lah yang pertama kali memikirkan ide membuat mesin penjual otomatis lalu menerapkannya ke warga Mesir kuno setempat.

Insinyur Matematika tersebut membuat vending machine yang bisa mengeluarkan air suci untuk dibagikan ke umat di tempat ibadah. Tujuannya kala itu sangat mulia yakni agar setiap jamaah memperoleh bagian air suci yang sama rata. Hingga sekarang, mesin ini masih dipakai di sana.

Dari empat fakta menarik vending machine di atas kita bisa memahami perjalanan panjang mesin ini yang kian hari terus berinovasi sesuai perkembangan zaman.

Baca juga: Tak Cuma Jual Jajanan, Vending Machine Indonesia Ini Jual Produk Unik


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin atau IoT ? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami