Cara Kerja dan Manfaat IoT

Cara kerja dan manfaat teknologi IoT diyakini bisa membantu segala kesulitan atau masalah pada manusia, untuk itu teknologi ini hadir, tentunya dengan memanfaatkan internet lalu menyelesaikan masalah.

Sebagai contoh, saat keadaan penting seperti kita pergi dari rumah karna terburu – buru, lalu setelah sampai di tujuan kita ingat ternyata rumah belum dikunci. Kalo kejadian seperti ini bagaimana ? nah untung saja ada teknologi IoT, dengan bantuan  IoT masalah ini akan diselesaikan dengan mudah. Kita hanya mengirimkan perintah pada smartphone kita, agar pintu rumah segera terkunci.

Apakah kejadian diatas harus menggunakan smartphone ? tentu tidak, karna jika HP Anda versi lama, bisa menggunakan SMS. Kecanggihan dari menyelesaikan masalah tidak hanya situasi seperti diatas saja. Tapi dengan IoT kita bisa mengatasi banyak masalah lainnya, contoh lagi, kita bisa menghitung banyak pengunjung yang datang ke toko kita, menghitung ada banyak ikan yang telah ditangkap nelayan, membuat alarm rumah ketika situasi darurat, menciptakan SmartHome dan masih banyak lainnya.

Setelah kita tahu cara kerja teknologi IoT diatas, sebaiknya kita juga harus tau tentang prinsip IoT seperti apa, mereka bekerja dengan menerjemahkan Bahasa pemograman yang kita masukkan kedalam perangkat IoT yaitu Microcontroller.

Jenis model dari microcontroller saat ini sudah cukup banyak seperti, Arduino Uno R3, Raspberry Pi, Intel Galileo dan lainnya. Masing – masing dari controller ini memilki keunikan dan prinsip masing – masing. Dan harganya bervariasi dengan taraf kecerdasannya. Namun jika Anda memilki cukup uang untuk membeli yang paling pintar dan mahal, Raspberry Pi lah yang harus Anda beli.

Manfaat IoT

Manfaat pada teknologi IoT sangat banyak, pada dasarnya teknologi ini untuk membantu manusia melakukan aktivitasnya. Jadi masalah yang dihadapi oleh manusia, akan terbantu dengan adanya teknologi ini.

Konektivitas Internet Sangat Penting ?

Cara Kerja Teknologi IoT

Iya, konektivitas dalam teknologi ini sangat berpengaruh, jika koneksi tidak baik maka informasi yang diberikan dari perangkat IoT tidak akan tepat dan maksimal.

Dan untuk mempelajari teknologi IoT ini tidak harus memilki perangkat microcontroller, karna kita bisa belajar sumber kodenya di circuits.lo. Tapi saya tidak akan membahas tentang bagaimana belajar progamming IoT.

Namun bila ingin mengenal teknologi IoT lebih dalam bisa kunjungi terus MonsterMAC, atau Anda justru tertarik menggunakan teknologi ini, silahkan hubungi dibawah ya.

Whatsapp

Sekian dari informasi saya mengenai cara kerja dan manfaat IoT. Terimakasih