Vendor IoT Indonesia

Internet of Things (IoT) sedang berkembang pesat saat in, termasuk di Indonesia. Untuk itu vendor IoT Indonesia selaku MonsterMAC memberikan pelayanan dan service teknologi sangat canggih ini ke berbagai industri di Indonesia.

Karna dalam beberapa tahun kedepan, diprediksi suatu bisnis dapat bertahan karna IoT. Agar perusahaan dapat berkembang, maka perlu penanganan IoT yang baik. Jika tidak, maka akan ada banyak klien dan karyawan yang meninggalkan perusahaan Anda karna tidak memanfaatkan teknologi dengan baik. Sehingga mengalami kemunduran pada bisnisnya.

Untuk yang masih awam, saya akan jelaskan sedikit apa itu IoT. IoT adalah sebuah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun mulai dari elektronik, mesin dan berbagai alat lainnya.

Tujuannya apasih menggunakan IoT, yaitu agar pekerjaan yang Anda lakukan dapat terbantu dan mengurangi kerja manusia. Saat ini perkembangan teknologi sudah mencapai revolusi industri 4.0, dimana IoT lah salah satunya.

Semua aktivitas atau pekerjaan dapat diselesaikan tanpa adanya campur tangan manusia, menggunakan IoT. Banyak sekali sektor industri di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi ini, mulai dari kesehatan, pertanian, peternakan, transportasi, rumah tangga, dan masih ada lagi yang lainnya.

Saya sudah jelaskan di artikel sebelumnya beberapa keuntungan menggunakan IoT untuk peternakan, rumah tangga, transportasi, kesehatan, pertanian. Dibawah ini saya akan menjelaskan keuntungan menggunakan IoT pada industry manufaktur.

Teknologi telah menjadi peran penting dan menjadi kunci bagi industri manufaktur untuk terus maju. Sekarang industri manufaktur sedang menghadapi tantangan, dimana menggunakan IoT akan meningkatkan kenaikan bisnisnya.

Menurut Bussiness Intelligence (BI), mereka menggunakan IoT bisa memantau dan mengendalikan dari lokasi mana saja. Mengandalkan sensor, perangkat, remote, jaringan, gateway, analisa dan penyimpanan.

Perusahaan manufaktur yang menggunakan IoT, berdasarkan prediksi BI mereka akan menginvestasikan $70 milliar dollar pada tahun 2020. Dan hal itu menjadikan industri manufaktur akan memiliki ROI tertinggi dibandingkan IoT industri lain.

Manfaat Penerapan IoT Pada Pemeliharaan Fasilitas Manufaktur :

  • Efisiensi Produksi

Dengan fasilitas seperti OEE (overall equipment effectiveness) dan TEEP (total effective equipment performance), IoT bisa membantu untuk menciptakan peningkatan produksi dan bisa menghemat pada waktu yang sangat lama.

  • Failur Rates

Tidak ada efisiensi produksi yang berhasil jika yang terjadi adalah produk gagal dan ditarik kembali. Dengan IoT dalam hal ini, mereka akan fokus untuk mengenali potensi masalah sebelum produksi gagak dan terjadi kerusakan pada mesin.

  • Intrusiveness

Dengan menggunakan IoT pada pemeliharaan, dapat mendeteksi lemahnya mesin dan mengurangi potensi gangguan. Serta dapat memfasilitasi pemeliharaan prediktif, melihat masalah pada sistem secara realtime tanpa memengaruhi masa pakai mesin.

  • Downtime

Dengan kita mengenali potensi masalah yang sebelum terjadi, IoT bisa meminimalkannya bahkan dapat menghilangkan downtime, khususnya yang dapat memengaruhi kualitas produk, dan biaya ganti mesin juga masih sangat tinggi. Jadi lebih baik menggunakan IoT.

Keuntungan lain yang didapat dari setiap penggunaan IoT adalah, pengetahuan, bersedia online selama 24 jam, otomatisasi, kenyamanan dan efektivitas biaya. Perusahaan, Lembaga pemerintah dan pelanggan akan mendapatkan semua keuntungan IoT.

Baca Juga : Penerapan IoT Untuk Peternakan

Sekian mengenai keuntungan menggunakan IoT untuk industri manufaktur. MonsterMAC adalah salah satu vendor IoT Indonesia yang bersedia untuk memberikan servis terbaik. Hubungi dibawah untuk mendapatkan penawaran spesial.