Vending machine memang sangat unik dan baru untuk masyrakat Indonesia saat ini, dan kita sebagai masyarakatnya harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk bisnis. Karna di Jepang sudah sangat maju dengan vending machinenya. Detailnya dibawah ini,

Pertama, Jepang merupakan aging country yang rata-rata penduduknya berusia 46 tahun. Tingkat kelahiran yang rendah serta kurangnya arus migrasi membuat harga tenaga kerja di sana sangat mahal. Vending machine adalah salah satu solusi untuk mengurangi kebutuhan tenaga penjaga toko dan kasir.

Alasan kedua mengapa banyak vending machine di Jepang adalah tingginya harga sewa dan properti. Dari total 127 juta jiwa, sebanyak 93% penduduk Jepang tinggal di perkotaan. Hal ini berdampak pada mahalnya harga properti yang kemudian memaksa penduduk Jepang untuk tinggal di apartemen yang tidak terlalu besar.

Kepadatan penduduk dan mahalnya properti di Jepang berakibat pada terbatasnya ruang untuk gudang penyimpanan barang-barang. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan Jepang lebih memilih untuk menempatkan vending machine di pinggir jalan daripada membuka toko retail.

Berdasarkan catatan kejahatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2010, Jepang adalah negara yang paling rendah tingkat kejahatannya di dunia. Oleh sebab itu, perusahaan Jepang tidak takut vending machine mereka kebobolan meski diletakkan di lorong gelap atau jalan sepi.

Beda Jepang, beda Indonesia. Jika di sini sedang gencar-gencarnya menggalakkan sistem pembayaran dengan uang elektronik, masyarakat Jepang masih dominan menggunakan uang tunai. Ini karena hanya toko-toko besar saja yang menerima kartu kredit. Penduduk Jepang selalu membawa uang tunai, baik kertas atau koin, kemana pun mereka pergi.

Banyak orang yang sengaja menukarkan koinnya dengan makanan atau minuman di mesin penjual otomatis demi mengurangi beban yang mereka bawa.

Terakhir, orang Jepang sangat terobsesi dengan teknologi dan robot. Mereka menyukai segala sesuatu yang otomatis. Jadi, tidak heran kalau vending machine sangat populer di sana.

Vending Machine Unik di Jepang

Sejak mesin penjual minuman otomatis populer tahun 1950-an, perusahaan-perusahaan Jepang terus berinovasi menjajakan produknya dengan vending machine.

Saat ini, vending machine di Jepang tidak hanya menjual minuman dan makanan ringan saja, tapi juga makanan cepat saji, seperti ramen, roti, es krim, rokok, hingga telur.

Bahkan, kamu juga bisa menemukan barang-barang koleksi seperti mobil mainan, komik, juga kebutuhan sehari-hari, seperti payung, baterai, dasi, hingga pakaian dalam.

Selaku kami perusahaan vending machine terbaik di Jakarta, jadi bila berminat langsung untuk memesan, klik dibawah ini.

Whatsapp

vending machine unik