Pernah mendengar vending machine sampah? atau lebih tepatnya recycle vending machine. Mesin penyelamat lingkungan ini dibuat untuk mengatasi permasalahan sampah di kota-kota besar. Kini banyak negara-negara maju yang sudah mulai menggunakan vending machine ini untuk mempermudah proses daur ulang sampah.

Sama seperti vending machine lainnya, kalian bisa memasukan sampah yang bisa didaur ulang. Seperti sampah botol plastik dan kaleng ke dalam mesin. Sebagai imbalan telah menjaga lingkungan, kalian akan mendapatkan reward dari mesin ini. Reward itu bisa berupa kupon makan atau kupon belanja, bahkan saldo E-Wallet. Beberapa daerah di luar negeri bahkan memasang vending machine seperti ini yang juga menyediakan makanan hewan sebagai imbalannya.

Vending Machine Recycle

Vending Machine Sampah

Vending Machine ini sendiri awalnya ditemukan oleh perusahaan Swedia, Wicanders pada akhir 1950-an. Meskipun secara fungsional, itu sangat sederhana dan hanya menerima botol plastik saja. Namun vending machine ini mampu menginspirasi developer lainnya untuk membuat alat yang lebih sempurna.

Hal ini dilihat pada penemuan beberapa tahun setelahnya. Yakni pada tahun 1962, insinyur Aage Tveitan menciptakan mesin penjual otomatis terbalik yang canggih. Perangkat kemudian dapat menerima botol yang terbuat dari bahan daur ulang yang lebih canggih dan menerima beberapa botol sekaligus.

Bahkan kini Vending Machine yang juga disebut Mesin Recycle ini sudah berkembang dengan fungsi yang beragam. Ada yang dapat menerima bahan daur ulang seperti aluminium atau kaca dalam jumlah besar.

Mengapa Kita Harus Memakainya?

Karena dari 1,4 triliun plastik setiap tahun bertambah di seluruh dunia, terbanyak didominasi dengan botol plastik. Tujuan Vending Machine ini adalah untuk membantu mengurangi dan mendaur ulang limbah plastik. Sehingga sebagian besar botol plastik yang tersebar di tempat pembuangan sampah, lautan, dan sungai bisa terkumpul dan didaur ulang.

Baca juga: Vending Machine Recycling, Jaga Lingkungan Juga Dapet Cuan

Bukankah konsep dari mesin ini sangat bermanfaat? khususnya di Jakarta. Jakarta sendiri memiliki masalah pelik mengenai sampah. Sudah bukan rahasia lagi sampah plastik memang menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan dan musibah seperti banjir.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan penggunaan kemasan plastik dan mengolah sampah plastik, membuat banyak sampah plastik menjadi biang masalah saat bencana melanda. Jika saja di Indonesia ada vending machine khusus untuk daur ulang sampah plastik, pasti sedikit masalah bisa teratasi.

Tertarik untuk membuat vending machine seperti ini?  Sebagai perusahaan penyedia vending machine custom terbaik, Monster Mac siap mewujudkan mesin impian . Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik!


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami