Pernah mendengar vending machine recycle? Vending Machine Recycle adalah hal baru di dunia. Mesin ini menawarkan cara alternatif untuk mendaur ulang wadah botol dengan cara yang efisien dan nyaman. Mesin yang juga sering disebut mesin penjual otomatis ini mekanismenya juga mudah dikelola. Karena mekanismenya yang sederhana dan fungsinya yang bisa membantu lingkungan, maka RVM dalam waktu dekat akan populer di seluruh dunia.

vending machine recycle

Apa itu Vending Machine Recycle?

Vending Machine Recycle adalah alat yang mengambil botol atau kaleng kosong dan bekas, kemudian mengembalikannya dalam bentuk uang atau insentif lainnya kepada pendaur ulang. Jumlah uang maupun insentif tergantung pada jumlah wadah yang didaur ulang. 

Teknologi ini sendiri awalnya ditemukan oleh perusahaan Swedia Wicanders pada akhir 1950-an . Meskipun fungsional, alat ini sebenarnya sangat sederhana. Yakni hanya menerima botol plastik, satu per satu. Selain itu, mesin tidak dapat menerima bahan daur ulang lainnya seperti aluminium atau kaca, juga tidak dapat menerima botol dalam jumlah besar. 

Untuk meningkatkan perangkat ini, pada tahun 1962, insinyur Aage Tveitan menciptakan mesin vending machine recycle yang lebih canggih. Mesin yang dibuat Aage Tveitan dapat menerima botol yang terbuat dari bahan daur ulang yang berbeda dan beberapa botol sekaligus. Penemuan Aage Tveitan ini menjadi  dasar bagaimana mesin kami membuat mesin ini.

Bagaimana mesin ini bekerja?

Untuk beroperasi, mesin ini melalui serangkaian langkah. Pertama, pengguna vending machine meletakkan botol atau kaleng  ke dalam lubang akseptor (lubang penerima sampah). Kemudian, botol tersebut diputar agar pemindai Kode Produk Universal (UPC) dapat memindai kode UPC botol tersebut. Kode numerik ini diberikan untuk setiap item transaksi unik untuk mengidentifikasi di mana ia diproduksi.

Setelah kontainer dipindai dan diidentifikasi, botol diproses ke dalam database untuk melacak berapa banyak botol yang dimasukkan pendaur ulang. Setelah itu pengguna vending machine  memiliki opsi untuk memilih hadiah apa yang mereka inginkan.

Kemudian, setelah kapasitas penyimpanan penuh, wadah minuman dikumpulkan dan disortir secara manual. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka dibawa kembali ke perusahaan bahan daur ulang masing-masing.

Keuntungan Lingkungan dan Ekonomi

Ada beberapa keuntungan menggunakan vending machine recycle. Salah satu manfaatnya adalah membantu lingkungan dengan mendaur ulang bahan. Untuk itu mesin harus ditempatkan di lokasi umum seperti toko kelontong, pom bensin, sekolah, taman, dll. Hal ini agar membuatnya mudah diakses oleh pengguna, sehingga mendorong daur ulang di masyarakat. Selain itu mesin ini mudah dikelola karena mesin memisahkan bahan yang dapat didaur ulang daripada melakukannya secara manual.  

Vending machine recycle juga memiliki kapasitas 200 wadah minuman plastik dan 900 kaleng. Itu artinya, mesin ini dapat menampung banyak botol sebelum perlu dikosongkan. Meskipun mesin dapat menampung banyak bahan yang dapat didaur ulang, alat ini bukan mesin besar. Sehingga tidak memakan banyak ruang.

Mesin  ini juga dapat menguntungkan bisnis. Toko dengan mesin ini dapat menawarkan promo khusus toko. Sehingga pelanggan yang akan kembali secara teratur untuk mendaur ulang dan berbelanja. Terakhir, karena mesin ini adalah perangkat yang banyak berikan promo, lingkungan tidak hanya diuntungkan, tetapi juga pengguna mesin.

Tertarik dengan vending machine recycle? Monster Mac bisa sediakan mesin ini, lho !