Vending machine Plasticpay menjadi aplikasi anak bangsa kesekian yang mengusung misi sosial-lingkungan. Masyarakat diundang untuk mengumpulkan sampah plastik botol yang akan menjalani daur ulang menjadi produk bernilai lebih.

Plasticpay merupakan perusahaan lokal berbasis sosial digital dengan sistem andalan berupa semi reverse vending machine. Vending machine Plasticpay menerapkan sistem tersebut dalam mengolah sampah botol plastik dari publik.

Masyarakat yang mengumpulkan sampah botol plastik melalui vending machine Plasticpay akan memperoleh poin yang bisa diubah menjadi uang elektronik, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan InaCash.

Jika Anda tertarik, berikut langkah untuk ambil bagian. Pertama-tama, unduh aplikasi Plasticpay lalu scan barcode di mesin otomatis untuk menghubungkannya dengan aplikasi di ponsel Anda. Bawalah plastik botol dengan kode batang lalu scan agar bisa dimasukkan ke dalam mesin tersebut.

Letakkan botol ke dalam mesin setelah lubang pengumpulan terbuka. Mesin akan otomatis menunjukkan berapa poin yang didapat dari menukar satu botol plastik itu. Anda juga langsung mengetahui poin yang ditambahkan ke dalam akun Anda.

Diubah menjadi produk dengan nilai jual tinggi

Sejauh ini, Plasticpay telah mempunyai 51 titik pengumpulan mini (mCP) di berbagai wilayah di Kabupaten dan Kota Tangerang. Ke-51 titik tersebut terdapat di tempat umum, seperti masjid, pesantren, dan sekolah.

Proses selanjutnya dari vending machine Plasticpay adalah mengolah sampah botol tersebut. Ia akan diubah menjadi butiran plastik Recycled Polyester Staple Fiber (RePSF). Butiran plastik ini bisa diolah menjadi benang dan kain daur ulang. Produk akhir bisa berupa tas, sajadah, karpet mobil, dan lainnya.

Selain menambah nilai jual, cara ini berfungsi untuk menjaga stok bahan baku untuk daur ulang sampah botol plastik. Walaupun berjuluk produsen sampah botol plastik terbesar ke-2 di dunia, Indonesia masih banyak mengimpor bahan mentah untuk daur ulangnya.

Dengan cara ini diharapkan sampah plastik botol tak hanya menggunung melainkan bisa menjadi solusi daur ulang sampah ini sendiri sekaligus beralih ke produk  dengan nilai lebih mahal.

Baca juga: Multifungsi, Vending Machine ini Bisa Jual Alat Tes Covid

 

2021-03-31T03:16:48+00:00March 31st, 2021|
Go to Top