Adanya era New Normal membuat teknologi yang minim interaksi semakin digemari masyarakat. Sehingga memulai bisnis vending machine adalah pilihan yang tepat. Tapi, produk seperti apa di dalam vending machine apa yang kira-kira laku keras? Bagaimana jika Anda mencoba Vending Machine Jual Obat.

Vending Machine Jual Obat

Vending Machine Obat Banyak Diminati

Dilansir dari  globenewswire.com, Vending Machine obat-obatan banyak diminati terutama di masa pandemi. Pernyataan tersebut telah dilakukan survey untuk ukuran pasar, perkiraan, dan strategi yang diambil pada 2021 setelah dampak COVID-19.

Menurut laporan penelitian The Business Research Company di apotek dan pasar toko kesehatan, apotek semakin banyak menggunakan vending obat untuk melayani pelanggan. Terutama di lokasi terpencil di mana mereka tidak dapat  membuka apotek. Vending machine obat ini dilengkapi dengan telepon, koneksi internet, pemindai resep,  hingga 2.000 bungkus obat resep yang biasa digunakan. Mesin mengidentifikasi obat dengan bantuan microchip yang terpasang pada kemasan. Mesin penjual otomatis juga memungkinkan pasien untuk berdiskusi dengan apoteker melalui tautan video. Apoteker memeriksa resep dan mengotorisasi transaksi dan kemudian pasien dapat membayar dengan memasukkan uang tunai ke  mesin atau melalui non tunai. Setelah pembayaran dikonfirmasi, obat-obatan dapat diambil dari dropbox mesin.

PharmaTrust, sebuah perusahaan Kanada, telah mengembangkan mesin penjual otomatis dan telah memasangnya di Inggris. Pasien pergi ke kios PharmaTrust, memasukkan resep mereka, memindai kartu kesehatan mereka. Kemudian mengangkat telepon dan berbicara secara pribadi dengan apoteker yang siap dihubungi. Apoteker menentukan apakah obatnya sesuai dan kemudian mengotorisasi transaksi. Arizona State University dan Florida State University memasang mesin penjual obat-obatan di gedung Layanan Kesehatan Mahasiswa mereka untuk mengeluarkan berbagai macam obat.

Berpotensi Terus Bertumbuh

Pasar apotek dan toko perawatan kesehatan global diperkirakan akan tumbuh dari $1004,83 miliar pada tahun 2020 menjadi $1060,07 miliar. Kemudian pada tahun 2021 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,5%. Pertumbuhan ini terutama disebabkan oleh perusahaan-perusahaan yang mengatur ulang operasi mereka dan pulih dari dampak COVID-19. Di mana sebelumnya mengambil langkah social distancing, work from home, dan penutupan kegiatan komersial yang mengakibatkan tantangan operasional. Sehingga ukuran pasar farmasi ritel diperkirakan akan mencapai $1307.05 miliar pada tahun 2025 dengan CAGR 5%.

Peluang dan Omzet Tinggi

Peluang teratas di pasar apotek dan toko perawatan kesehatan yang tersegmentasi berdasarkan jenisnya akan muncul di segmen apotek dan toko obat. Segmen itu diperkirakan memperoleh $313,7 miliar dari penjualan tahunan global pada tahun 2025. Peluang teratas di pasar yang disegmentasikan berdasarkan kepemilikan akan muncul di rantai ritel segmen. Yang diperkirakan akan memperoleh $304,2 miliar dari penjualan tahunan global pada tahun 2025. Ukuran pasar apotek dan toko kesehatan akan memperoleh keuntungan terbesar di AS sebesar $79,6 miliar.

Strategi berbasis tren pasar untuk apotek dan toko perawatan kesehatan saat ini beragam. Mulai dari menggunakan vending machine untuk melayani pelanggan, meluncurkan teknologi inovatif, otomatisasi operasi toko, kolaborasi dan kemitraan strategis. Bahkan hingga digitalisasi apotek di pasar farmasi global, dan mengalihkan fokus ke obat khusus seperti di pasar apotek peracikan.


Dari ulasan di atas apakah Anda berminat untuk berbisnis vending machine jual obat? Monster Mac siap membantu kebutuhan bisnismu!