Vending machine di Indonesia saat ini sedang berkembang, para pengusaha dan brand besar mulai mencoba sistem penjualan baru, yaitu dengan mesin penjual otomatis tersebut. Penggunaan vending machine sudah dibuktikan lebih efisien dan tidak memakan waktu boros. Lihat saja Jepang, negara yang memilki banyak sekali vending machine, letaknya pun dimana – mana, bahkan berdekatan satu produk dengan produk lainnya.

vending machine di indonesia

Vending Machine di Indonesia vs Jepang

Sebelum membahas lebih lanjut vending machine di Indonesia, kita harus tau alasan mengapa vending machine di Jepang banyak sekali. Pasti mau tau kan kenapa bisa begitu, lanjut dibawah ini ya. Alasan – alasannya berikut ini :

1. Orang Jepang Suka Berjalan Kaki

Di jalanan Jepang kebanyakan orang – orang disana jalan kaki, tidak banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu pengusaha disana menemukan peluang untuk hadirnya vending machine. Dengan adanya minuman, makanan dan barang lainnya, memudahkan bagi para pejalan kaki untuk bisa menikmati perjalannnya menuju kantor. Karna di sudut – sudut jalan ada mesin penjual otomatis.

2. Harga Sewa Bangunan Mahal

Faktor lain yaitu biaya sewa tanah dan bangunan yang tinggi di Jepang. Karna kebanyakan orang disana tinggal di apartment kecil dan sederhana. Kemudian jalanan disana itu kan tidak selebar di Indonesia. Jadi cocok untuk menempatkan vending machine di pojok – pojok jalan dan toko. Mereka tidak meletakkannya di mall.

3. Masyarakat Jepang Disiplin

Masyarakat Jepang terkenal dengan tepat waktu serta disiplin, ketika mereka berangkat kerja harus tepat waktu dan tidak mau telat. Karna ketika mereka telat itu akan dihukum oleh atasannya. Jadi mereka tidak ada waktu untuk berlama – lama di perjalanan untuk makan di restoran, cukup dengan vending machine.

4. Memiliki Pecahan Banyak Uang Koin

Menurut berita, pecahan uang kertas terkecil di Jepang adalah 1000 yen. Dan dibawah nominal itu bentuknya koin. Jadi cara mereka untuk mengeluarkan uang receh atau koinnya adalah dengan membeli di vending machine, dan mudah ditemukan dimana – mana jadi akan lebih mudah dalam membeli seseatu. Walaupun mereka juga bisa menggunakan kartu, ternyata lebih senang dengan koin.

Itulah 4 alasan di Jepang mengapa banyak sekali vending machine, tapi tenang pengusaha dan brand di Indonesia juga sudah mulai membuat sistem penjualan dengan mesin penjual otomatis. Hal ini terbukti dengan adanya bluepay yang menjual minuman, minuman bersoda yang kita lihat coca cola, kemudian Commuter Line juga ada mesin top – up otomatis, dan yang terbaru ada vending machine di layanan MRT dan LRT.

vending machine di indonesia

Bisa saja 2 – 3 tahun lagi semua sistem di Indonesia bisa berjalan dengan otomatis ya. Jika Anda ingin berminat dan mau untuk mengembangkan bisnis untuk lebih terkendali, bisa hubungi saya dibawah,

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat mengenai vending machine di Indonesia vs Jepang.