Amerika Serikat (AS) dan Jepang telah meluncurkan vending machine COVID untuk membantu warga setempat melakukan uji tes secara mandiri. Ini tentunya menghemat waktu mengantri di klinik atau rumah sakit serta lebih praktis.

Perusahaan yang bergerak di sektor kesehatan, Wellness 4 Humanity, telah merilis mesin penjual alat tes COVID-19 otomatis seharga Rp2,1 juta. Pembeli nantinya dapat menggunakan mesin ini di rumah.

Sebagaimana kami lansir dari New York Post, vending machine COVID ini akan tersedia di kota besar di AS, seperti New York, Los Angeles, Boston, San Francisco, dan Dallas. Cara kerja mesin ini adalah pertama-tama dengan mengeluarkan antigen cepat Resmi Penggunaan Darurat dan transkripsi balik reaksi berantai polymerase atau RT-PCR tes air liur.

Hasil tes ini mempunyai level ketepatan hasil hingga 99%. Setelah rampung, pihak Wellness 4 Humanity akan mengirim hasil ke laboratorium mitranya dengan label pengiriman prabayar FedEx. Perkiraan hasil akan keluar dalam 48 jam.

Sedangkan untuk tes antigen, pembeli dapat secara langsung mengakses mesin ini nirsentuh. Terdapat fitur pembelian dan pembayaran di dalamnya. Hasil tes antigen akan selesai dalam 15 menit tanpa memerlukan pengiriman hasil.

Vending Machine di Jepang Lebih Murah

Vending machine COVID di Jepang menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau, yakni di bawah Rp500 ribu. Mesin ini dibuat oleh pemerintah Jepang sebagai pilihan mudah bagi penduduk melakukan tes Polymerase Chain Reaction atau PCR.

Laporan dari World of Buzz menyebutkan mesin ini terdapat di Kuil Jyomyoin, Tokyo. Urutan kerjanya adalah sebagai berikut. Calon pengguna cukup menyentuh tombol untuk memesan paket berisikan alat tes PCR.

Setelahnya, masukkan uang 3.500 yen atau sekitar Rp460an ribu ke dalamnya. Mesin akan mengeluarkan alat tes sebagaimana yang dikehendaki. Isi dalam paket tersebut yakni tabung kecil, botol, dan sebuah jarum kecil.

Seluruh alat tes dijamin kebersihannya. Cukup lima menit untuk melakukan tes sendiri di rumah masing-masing. Caranya adalah dengan mengambil cairan ludah lalu masukkan ke dalam kantong plastik. Jika telah selesai, kirimkan hasilnya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tunggu paling lama 24 jam untuk memperoleh hasil tesnya.

Demikianlah vending machine COVID yang pastinya berguna untuk mencegah penularan COVID-19 lebih lanjut di AS dan Jepang. Kita tunggu kehadirannya di Indonesia.

Baca juga: Yuk Berfoto Dengan Vending Machine Selfie Ini

2021-03-23T04:29:28+00:00March 23rd, 2021|
Go to Top