Vending machine coffee menjadi solusi praktis untuk memfasilitasi pencinta kopi yang tak punya banyak waktu untuk mengantri di kedai kopi. Mesin otomatis ini meramaikan kancah pasar kopi nasional yang sangat marak belakangan ini.

Inilah yang coba jadi peruntungan Jumpstart, perusahaan rintisan nasional pertama yang mengusung konsep vending machine coffee. Melalui mesin ini, penikmat kopi bisa membeli kopi dan membayarnya secara lebih mudah.

Dilengkapi teknologi kecerdasan buatan

Bernama Smart Coffee Machine, mesin khusus kopi ini telah tersedia di lebih dari 500 lokasi di Jabodetabek. Lokasi tersebut berupa perkantoran, rumah sakit, apartemen, bank, pabrik dan lembaga pemerintahan. Tahun ini, JumpStart berencana menyediakan mesin ini di Bandung dan Surabaya.

JumpStart mengandalkan teknologi kecerdasan buatan yang berfungsi untuk merencanakan sistem rute otomatis, mendeteksi kesalahan tepat waktu, dan memperkirakan permintaan bahan baku kopi dan lainnya.

Terdapat lebih dari 20 menu kopi segar dan non kopi, seperti coklat dan teh hijau, dalam mesin ini. Pembeli bisa membayar secara tunai atau non tunai. Menurut CEO JumpStart Brian Imawan, keberadaan vending machine coffee ini untuk membuat penyuka kopi menghemat waktu di sela kesibukan sehari-hari.

Ia mengatakan vending machine coffee JumpStart memakai benih kopi asli dan bahan baku bermutu tinggi. Konsumen masih bisa mengatur sendiri gula dan lainnya sesuai kemauan.

Ia mencontohkan, Smart Coffee Machine pertama kali dibuka pada 2017 dengan 13 gerai di Jakarta dan Tangerang. Pelanggan bisa membuat beragam jenis kopi,  seperti kopi Dalgona hingga kopi dalam kemasan botol.

Brian menambahkan konsumen bisa membeli gerai kopi ini melalui webapps www.jumpstart.id sehingga tidak harus mengunduhnya melalui iOS dan Google PlayStore. Selain itu, JumpStart menelurkan produk lainnya, seperti biji kopi dan coffee drip, yang bisa dipesan melalui pasar daring.

Dengan inovasi ini ia berharap konsumen bisa menikmati kopi di rumah sendiri. Vending machine coffee ini ia nilai memberikan solusi yang pas dimana saat pandemi orang diminta tidak keluar rumah. 

Baca juga: Melihat Trend Vending Machine Singapura yang Tidak Ada Matinya

2021-04-23T03:23:20+00:00April 23rd, 2021|
Go to Top