Mesin penjual otomatis atau vending machine memang umumnya menjual makanan dan minuman ringan. Salah satunya adalah permen, cokelat, manisan, permen karet. Berbeda dengan lainnya, permen karet membutuhkan perawatan khusus dalam mesin. Sebab permen karet memerlukan suhu khusus untuk mempertahankan kualitasnya. Lalu bagaimanakah cara merawat vending machine permen karet milik kita dapat menghasilkan untung banyak? Simak uraian berikut ini.

 

Tutorial Bisnis Vending Machine Permen Karet

  • Kualitas merek produk yang dijual

Tiap permen karet memiliki kualitas yang berbeda tiap mereknya. Agar produk dapat bertahan lama, maka ada baiknya mencari permen karet yang berkualitas. Maka pilihlah produk yang memiliki masa kadaluarsa yang panjang. Yaitu minimal 30 hari. Walaupun produk dapat terjual dengan cepat, tetapi tidak ada salahnya mengantisipasi. Juga pastikan untuk segara mengganti jika Anda melihat produk dalam mesin sudah mendekati kadaluarsa.

 

  • Perhatikan musim dan cuaca

Permen, manisan, dan permen karet bereaksi berbeda terhadap suhu dan cuaca yang berbeda. Hal ini juga berlaku pada perbedaan lokasi mesin. Jadi periksa di mana Anda akan menempatkan mesin. Jauhkan dari sinar matahari langsung, karena sinar matahari dapat menurunkan kualitas dan warna permen karet dan permen. Jangan menaruh permen cokelat, jika mesin tidak ditempatkan di lingkungan ber-AC.

 

  • Rajin mengganti produk dan membersihkan mesin

Tutup kembali setiap kasing setelah dibuka. Simpan kotak permen 4-6 inci di atas lantai untuk menjauhkannya dari hama. Jangan gunakan semprotan dan pembersih rumah tangga pribadi pada mesin. Kemudian untuk enjaga mesin tetap bersih dan higienis. Saat menambahkan atau mengganti permen karet, pastikan untuk membersihkan mesin secara menyeluruh.

 

  • Instal Mereka Di Area Lalu Lintas Tinggi 

Agar untung banyak, sebelum memasang mesin perhatikan area lalu lintas pejalan kaki yang tinggi. Area lalu lintas tinggi ideal untuk menarik lebih banyak penjualan. Jika mesin letaknya jauh dari lalu lintas pejalan kaki, itu akan gagal menarik perhatian anak-anak dan calon pelanggang. Maka lokasi yang tepat adalah hunakan di lorong, di sekitar bioskop dan lokasi lain yang kemungkinan besar terlihat di anak-anak.

 

 

Sejarah Mesin Permen Karet

vending machine permen karet

Mesin penjual permen karet adalah nenek moyangnya vending machine. Sebab konsep mesin penjual otomatis ini dikeluarkan pada tahun 1888 oleh Perusahaan Gum Thomas Adams. Dengan produk pertama mereka, yaitu permen karet di Kota New York.

1898 – Akhir Abad ke-19

Sebelum ada mesin vending machine atau kiosk ,sebenarnya sudah ada mesin penjual permen karet  mulai ada pada akhir abad ke-19.

Dijelaskan oleh Mary Bellis, dalam sebuah artikel yang ditulis tentang asal usul mesin Permen Karet. Diketahui bahwa pada tahun 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan mesin penjual otomatis pertama ke Amerika Serikat. Mesin-mesin itu dipasang di peron kereta bawah tanah yang ditinggikan di New York City dan menjual permen karet Tutti-Fruiti.

Mesin Pulvers Permen Karet Satu Sen

Pada tahun 1897, Perusahaan Manufaktur Pulver ikut serta dalam bisnis ini. Lalu menambahkan gambar animasi ke mesin permen karetnya sebagai daya tarik. Kemudian beberapa tahun kemudian dikeluarkanlah mesin penjual permen karet bundar berlapis permen karet dan mesin penjual otomatis permen karet pada tahun 1907.

Ford Gum – Mesin Carousel Permen Karet

Mesin permen karet ini dikeluarkan pada tahun 1934 oleh Ford Gum and Machine Company di Akron, New York. Mereka adalah produsen awal lain dari mesin Permen Karet di A.S. Carousel. Bahkan mesin permen karet dengan tipr Old Columbia Coin Machine ini masih ada sampai sekarang. Sesuai dengan bentuk aslinya, tampilan Carousel Permen Karet Machine klasik tidak berubah sejak diperkenalkan. 

Vending Machine Northwestern

Diluncurkan pada tahun 1909, Northwestern Corporation memulai dengan Model 33. Lalu pada tahun 1933 mereka mengeluarkan Model 60 dan Model 80. Hingga kini mode keduanya masih dijual.

Mesin Permen Karet Raksasa 90-an

Mesin permen karet  setinggi kisaran 3 meter lebih itu pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat. Mesin raksasa itu dapat diisi lebih dari 20.000 Permen Karet. Tak hanya permen karet, beberapa pihak menggunakan mesin itu untuk menjual kue mangkuk, bola tenis, bola golf, kapsul mainan, dan banyak lagi. 

Mesin Penjual Otomatis dan Permen Karet Saat Ini

Mesin penjual otomatis saat ini telah berevolusi dalam beberapa hal. Namun secara konsep masih tetap setia pada akarnya pada konsep mesin awalnya. Kebanyakan mesin Permen Karet saat ini masih bekerja menggunakan mekanisme mekanis dan beberapa  memerlukan listrik. Saat ini, mesin dibuat  tidak hanya untuk permen karet. Namun untuk menjual berbagai macam barang yang bervariasi. Yakni seperti  kapsul mainan, boneka, alat tulis dan banyak lagi.