Jika bisnismu membutuhkan butuh pengembangan marketing, Anda harus tau apa itu tentang teknologi Beacon. Teknologi Beacon telah berkembang sejak diluncurkan pertama kali oleh Apple pada tahun 2013 dan diperkirakan akan terus berkembang. Tahun ini saja, Global Market Insights memperkirakan bahwa pasar teknologi Beacon ini akan melampaui $25 miliar pada tahun 2024. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknologi ini memiliki banyak potensi dan diharapkan dapat berkontribusi pada pemasaran di tahun-tahun mendatang.

Nah, tetapi apa sih Beacon itu? Untuk itu di sini Monster Mac akan menjelaskan sedikit tentang Beacon: 

  1. Apa itu Teknologi Beacon?

Beacon adalah pemancar nirkabel kecil yang menggunakan teknologi Bluetooth. Perangkat berenergi rendah itu berfungsi untuk mengirim sinyal ke perangkat lain di sekitarnya. Sederhananya, beacon menghubungkan dan mengirimkan informasi ke perangkat pintar membuat pencarian dan interaksi berbasis lokasi lebih mudah dan lebih akurat.

  1. Bagaimana Cara Kerja Beacon?

Beacon adalah perangkat yang berisi CPU, radio, dan baterai. Komponen-komponen itu membuat Beacon bekerja dengan memancarkan pengidentifikasi berulang kali. Sinyal dari perangkat pengidentifikasi ditangkap oleh device anda, lalu menandai tempat penting di lingkungan sekitar device. Perangkat pengidentifikasi dalam Beacon adalah nomor ID unik yang dikenali smartphone Anda. Setelah terhubung, Beacon akan menjalankan fungsi apa pun yang telah deprogram.

  1. Apa Manfaat Teknologi Beacon?

Beacon sendiri memiliki banyak aplikasi dan potensi. Nah,  apa sajakah fungsi Beacon?

    • Keterjangkauan Konsumen offline dapat ditingkatkan dengan Google Ads

Dengan menghubungkan sinyal Beacon Anda ke akun Google Ads, Anda akan mendapatkan banyak wawasan berguna tentang aktivitas offline para konsumen yang menelusuri usaha Anda di Google. Bahkan dapat membantu Anda melacak kunjungan toko. Ini berarti bahwa saat Anda menayangkan iklan penelusuran Google, Anda mungkin dapat mengaitkan jumlah pengguna online yang masuk ke toko.

    • Pengumpulan Data 

Memang akurasi posisi Beacon masih dalam diperdebatkan, tetapi  teknologi Bluetooth ini merupakan peningkatan daripada teknologi lainnya seperti GPS dan WiFi. Dengan akurasi yang lebih besar ini, Anda dapat mengumpulkan informasi yang lebih baik mengenai ke mana saja pelanggan Anda bergerak di seluruh toko Anda.

    • Keuntungan pelanggan

Bagi konsumen itu sendiri, Beacon jug memberikan banyak keuntungan loh! Salah satunya adalah membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan menambahkan lapisan tambahan untuk interaksi yang dipersonalisasi selama  berbelanja. 

Lalu iklan dan penawaran yang ditargetkan dari merek favorit konsumen juga dapat membangun kepercayaan, keamanan, dan keakraban. Dengan konsumen yang sekarang, membangun kepercayaan pada merek Anda menjadi lebih penting. Dalam sebuah studi oleh PWC tahun ini, mereka menemukan 35% konsumen memberi peringkat ‘kepercayaan pada merek’ sebagai salah satu dari tiga alasan utama mereka tiap kali berebelanja.

 

  1. Masa Depan Beacon dalam Pemasaran

Ada kemungkinan bahwa semua tentang teknologi Beacon  akan berkembang dalam pemasaran jarak dekat dan teknologi berbasis lokasi. Sebagai alat pengumpulan data, Beacon menawarkan Google kesempatan untuk lebih memahami bisnis yang menggunakan layanan mereka, untuk meningkatkan algoritme mereka.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Beacon bagi Bisnis Anda


Tertarik untuk memulai bisnis vending mesin dan IoT? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !