Teknologi smart tani

Teknologi smart tani

Monstermac.idTeknologi smart tani sudah mulai menjadi tidak asing lagi di jaman sekarang, dimana era digital sudah menjadi barang konsumsi sehari-hari. Smart Farm adalah salah satu sistem yang mengubah dari tradisional menjadi teknologi digital. 

Bioteknologi yang dibuat oleh Negara China berinovasi dengan bertani tanpa menggunakan sinar matahari dan selain itu semuanya tanpa bahan kimia atau bioponik. Mereka pun mengklaim bahwa sekali produksi dapat mencapai ribuan kilogram dalam waktu singkat.

Namanya Sistem Smart Farm. Bukan termasuk pertanian konvensional, melainkan pertanian dalam ruangan. Perusahaan Sanan Sino-Science yang terletak di Anxi, Provinsi Fujian, China membuat terobosan pada dunia pertanian dengan lahan yang kecil dapat menghasilkan hasil pertanian yang sangat banyak bahkan berkali-kali lipat.

Banyaknya perubahan pada bisnis ini sehingga memudahkan kita sebagai pebisnis dari segi lahan, human resource, cost dan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Smart farm ini pertama kalinya memiliki produksi yang sangat besar di bandingkan dengan pertanian  konvensional. Memakan waktu yang cepat dalam memanen sayuran dari biasanya. Dalam kurang dari 40 hari sayuran dapat dipanen sehingga dapat menghemat ongkos produksi. 

Smart Fram ini memiliki keunggulan di banyak hal dari mengatur pencahayaan pengganti matahari, suhu temperatur ruangan sehingga air yang digunakan sebagai nutrisinya semua telah diatur oleh sistem Smart Fram ini. Sehingga tidak perlu menggunakan banyak tenaga kerja. 

Smart Fram sangat cocok untuk beberapa tempat yang cukup ekstreem seperti padang pasir atau pegunungan yang jarang sekali adanya sinar matahari. Untuk hasil panen yang dihasilkan sudah pasti akan barlipat ganda harganya. Ini disebapkan karena teknologi yang mahal dan proses yang cepat sehingga meningkatkan nilai value nya tanaman tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Bisnis Dengan Internet of Things (IoT)

Maka dari itu, smart farm tersebut memakai sistem yang bisa mengatur suhu, sumber air, kelembapan udara, nutrisi, dan LED tipe Growlight khusus yang menggantikan sinar matahari. Sistem ini dinilai bisa menghemat penggunaan air. Cahaya yang berasal dari LED khusus itu bisa memudahkan tanaman untuk berfotosintesis karena LED menyala pada temperature yang lebih dingin, beda dengan LED yang biasa digunakan untuk penerangan rumah. Proses mengubah energi cahaya menjadi energi kimia untuk kebutuhan tanaman.

“Metode ini sangat menguntungkan lingkungan yang menantang seperti padang pasir, pegunungan, atau di kota besar yang memerlukan biaya lebih untuk upah tenaga kerja,” kata Zhan Zhou.

Lalu, bagaimana dengan teknologi smart tani di Indonesia

MonsterMAC telah berhasil membuat sistem pertanian yang sepenuhnya otomatis dan dapat meningkatkan kualitas hingga kecepatan pertumbuhan produk tanaman.

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile