Berkembangnya teknologi yang begitu pesat membuat industri perbankan berlomba untuk memiliki aplikasi digital. Tak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat (AS) saja, dalam laporan Statista terdapat hampir 200 juta pengguna aplikasi perbankan digital. Diperkirakan ke depannya digitalisasi sistem perbankan akan semakin pesat. Banyak cara yang digunakan untuk mempercepat digitalisasi perbakan. Mulai dari mengadopsi beberapa teknologi digital seperti teknologi beacon, perangkat touchscreen, dll.

Teknologi Beacon

Bagaimana cara Penerapan Beacon di bank ?

Beacon sendiri alat transmiter bluetooth dengan berukuran  kecil, namun memiliki kegunaan yang sangat besar. Alat tersebut bisa diumpamakan seperti mercusuar, di mana alat ini dapat memberitahu pelaut sejauh apa mereka dengan daratan. Tak jauh berbeda dengan mercu suar, alat ini memiliki kegunaan untuk memberikan transmisi sinyal radio kepada perangkat secara berulang-ulang. Di mana nantinya sinyal ini dapat dikenali oleh alat dengan fitur bluetooth di dalamnya.

Tak hanya dapat menghubungkan saja, alat ini juga bisa bertukar data antara perangkat lain seperti laptop , tablet, atau bahkan smartphone dalam jarak terbatas. Pertukaran data tersebut berupa data minat pelanggan dan pembaruan informasi, hingga pengumpulan dan analisis intelijen keterlibatan. Dari data ini, bank nantinya akan diarahkan untuk lebih meningkatkan pengembangan bisnis perbankan.

Beacon dalam perbankan sebenarnya adalah implementasi teknologi Internet of Things (IoT). Sebab perangkat beacon dipasang disinkronkan dengan server bank dan aplikasi melalui internet.  Dengan beacon pengguna bank dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi dari bank.

Perbankan dengan beacon tidak hanya terbatas pada bangunan fisik bank, beacon bank juga dapat diimplementasikan di fasilitas perbankan lainnya seperti ATM yang mendukung Beacon dan juga Kiosk.

Baca Juga : Tentang Teknologi Beacon: 5 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Teknologi Beacon di Bank

Teknolofi beacon banyak memiliki manfaat, selain itu hal ini berpotensi mengubah pandangan publik tentang cara bank lokal beroperasi. Berikut adalah beberapa manfaat beacon di industri perbankan

1. Menarik pelanggan 

Anda pasti bingung, bagaimana cara beacon menarik pelanggan. Misalnya saja Anda memiliki masalah yang tertunda untuk diselesaikan di bank. Karena kesibukan Anda  telah dia menunda beberapa kali sebelumnya, adanya aplikasi yang tersambung beacon dapat membantu Anda. Beacon dapat mendeteksi pelanggan dalam radius 50 meter atau lebih. Sehingga ketika Anda dekat dengan bank, Anda akan menerima notifikasi dari aplikasinya untuk mengunjungi bank. Pengingat dari aplikasi ini dapat mendorong Anda ke bank untuk menyelesaikan masalah Anda. Selain itu pelanggan juga bisa melihat lebih banyak penawaran menarik dari banknya.

2. Penawaran produk yang dipersonalisasi pelanggan

Beacon dapat digunakan untuk mengirim penawaran khusus. Penawaran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan. Dengan metode ini bank bisa menawarkan program lebih efektif. Strategi pemasaran ini lebih efektif karena prefrensi pelanggan sudah disesuaikan.

3. Analisis kinerja cabang Bank

Performa, penurunan, keuntungan dan data pelanggan umum dari cabang bank dapat diperoleh dan dianalisis dengan beacon. Oleh karena itu Beacon menggunakan informasi ini untuk meningkatkan standar operasional perbankan dengan menentukan cara untuk lebih memuaskan pelanggan.

Baca Juga : Penerapan IoT dalam Bisnis Tingkatkan Efisiensi Kerja dan ROI


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami