sistem pengamanan uang rupiah

sistem pengamanan uang rupiah

Monstermac.id – Sistem pengamanan uang rupiah sangat lah penting bagi suatu negara. Di Indonesia peranan Bank Indonesia berperan banyak dalam pengamanan mata uang rupiah. Berbagai cara BI dalam meminimalisir terjadi kepalsuan mata uang yang beredar.

Pentingnya keamanan suatu mata uang sangat mempengaruhi perekonomian suatu negara lho. Uang Rupiah memiliki ciri-ciri berupa tanda-tanda tertentu yang bertujuan mengamankan uang Rupiah dari upaya pemalsuan. Secara umum, ciri-ciri keaslian uang Rupiah dapat dikenali dari unsur pengaman yang tertanam pada bahan uang & teknik cetak yg digunakan, yaitu:

Tanda Air (Watermark) dan Electrotype

Pada kertas uang terdapat tanda air berupa gambar yang akan terlihat apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Benang Pengaman (Security Thread)

Ditanam di tengah ketebalan kertas atau terlihat seperti dianyam sehingga tampak sebagai garis melintang dari atas ke bawah, dapat dibuat tidak memendar maupun memendar di bawah sinar ultraviolet dengan satu warna atau beberapa warna.

Cetak Intaglio

Cetakan yang terasa kasar apabila diraba.

Gambar Saling Isi (Rectoverso)

Pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan ke arah cahaya.

Tinta Berubah Warna (Optical Variable Ink)

Hasil cetak mengkilap (glittering) yang berubah-ubah warnanya bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Tulisan Mikro (Micro Text)

Tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.

Tinta Tidak Tampak (Invisible Ink)

Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet.

Gambar Tersembunyi (Latent Image)

Teknik cetak dimana terdapat tulisan tersembunyi yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu.

Prinsipnya keamanan pada uang perlu memenuhi Security Features baik dalam bentuk kasat mata maupun tidak kasat mata sehingga memenuhi fungsi estetika pada uang agar tampak menarik dan untuk membedakan antara pecahan uang  dengan mata uang lainnya.

Baca juga: Sewa VM Solusi Bisnis Aman dan Menguntungkan di Jakarta

Dari ciri-ciri diatas juga digunakan bahan yang berbeda setiap nominal yang berbeda desain yang beragam untuk meminimalisir adanya pemalsuan. Disetiap uang akan berbeda keamanannya dimana semakin tinggi pecahannya semakin tinggi tingkat keamanannya. 

Uang Kertas

Selain melihat unsur-unsur pengaman di atas, kamu juga bisa mengenali ciri-ciri utama pecahan uang Rupiah kertas dengan menerapkan 3D yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang. 3D kamu bisa melihat ciri-ciri yang langsung dapat dikenali seperti gambar, warna, gradasi warna dan lainnya. 

Uang Rupiah kertas dapat dikenali keasliannya dengan meraba permukaannya yang biasanya terasa kasar ketika diraba. Selanjutnya adalah menerawang uang memakai cahaya. Di uang Rupiah kertas, logo Bank Indonesia akan terlihat menyatu atau utuh, begitu juga gambar pahlawan dan ornamen pada tanda air. Bahkan pada sudut pandang tertentu pada uang kertas dapat melihat gambar tersembunyi hingga perubahan warna. 

Uang Logam

Setiap pecahan uang logam mudah dikenali baik secara kasat mata dan kasat raba. Uang logam menggunakan bahan yang tahan lama dan tidak mengandung zat yang membahayakan. Uang logam yang dikeluarkan dalam ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar atau tidak terlalu berat. Uang logam Rupiah berbentuk bulat, dengan bagian samping bergerigi atau tidak bergerigi.

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile