sistem otomasi pekerjaan

sistem otomasi pekerjaan

Monstermac.id – Sistem otomasi pekerjaan maksudnya seperti apa sih? Otomasi sendiri artinya adalah sebuah bidang ilmu dimana kita dituntut untuk membuat / merubah sebuah mesin yang manual menjadi otomatis.

Pada dasarnya otomasi digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan hal-hal yang rutin, karena seperti kita tahu bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam hal ketelitian, beda halnya dengan mesin / komputer. jadi otomasi ini dapat menggantikan fungsi pekerjaan manusia.

Teknik otomasi adalah penggunaan mesin, sistem kontrol, dan teknologi informasi untuk optimasi produksi dan pengiriman barang dan jasa. Otomasi hanya dilakukan jika hasilnya lebih cepat, lebih baik secara kuantitas dan/atau kualitas dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja manusia.

Dalam dunia industri, otomasi merupakan lanjutan dari mekanisasi, di mana mekanisasi masih membutuhkan operator manusia selama mesin beroperasi atau membutuhkan bantuan tenaga otot manusia agar mampu bekerja. Otomasi mengurangi peran manusia dalam hal tersebut.

Dalam sejarahnya, otomasi telah dicapai dalam perkembangan kehidupan manusia, meski pada awalnya tidak disebut sebagai otomasi. Operator telepon yang digantikan dengan mesin, berbagai peralatan kedokteran (elektrokardiogram dan sebagainya) yang menggantikan peran tenaga medis, hingga mesin ATM. Istilah “otomasi” digunakan pertama kali oleh General Motors pada tahun 1974 yang mendirikan departemen otomasi (automation department). 

Baca juga: IoT Tingkatkan Efektifitas Kamera CCTV Lebih Aman dan Akurat

Ketika itu, teknologi otomasi yang mereka gunakan adalah komponen listrik, mekanik, hidrolik, dan pneumatik. Antara tahun 1957 hingga tahun 1964, mereka menghasilkan output dua kali lipat ketika buruh sudah mulai dikurangi akibat dampak otomasi.

Sistem otomasi pekerjaan adalah suatu teknologi terkait dengan aplikasi mekanik, elektronik, dan komputer- didasarkan sistem untuk beroperasi dan mengendalikan produksi.

Teknologi ini meliputi:

  1. Alat mesin otomatis untuk memproses
  2. Mesin perakitan otomatis
  3. Robot industri
  4. Material otomatis [yang] menangani dan sistem [gudang/penyimpanan]
  5. Sistem pemeriksaan otomatis untuk pengendalian mutu
  6. Pengawasan proses komputer kontrol balik
  7. Sistem komputer untuk perencanaan, pengumpulan data, dan  pengambilan  keputusan untuk mendukung memproduksi

Mengapa otomasi?

Mengapa otomasi? karena kita hidup di jaman yang sudah modern, dimana semuanya serba otomatis. selain agar lebih mudah, otomasi juga dapat menghemat waktu, dan biaya. sehingga otomasi dapat mempercepat perkembangan dunia industri.

 

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile