Setelah membahas tentang Machine Learning dan Deep Learning, kini saatnya kita membahas tentang apa itu Robot Vision. Apakah kalian pernah mendengar istilah ini? Lalu apa bedanya dengan Computer Vision? Simak ulasam MonsterMac berikut ini !

Robot Vision

Definisi Robot Vision

Robot Vision sendiri adalah cabang ilmu dalam dunia robotika, di mana mempelajari akuisisi dan pemrosesan gambar visual untuk digunakan di sistem robot cerdas. Robot tersebut diprogram melalui algoritmadan kamera, baik terpasang pada robot atau di lokasi tetap. Sehingga robot dapat menangkap gambar setiap benda yang dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Penemuan ini sendiri diciptakan pada kisaran 1980-an dan 1990-an. Beberapa peneliti dan insinyur merancang metode agar robot bisa untuk “melihat”. Namun metode yang mereka temukan gagal karena formula tidak lengkap, dan robot tidak berjalan seperti yang diprogramkan. Bahkan kesalahan ini juga paling sering ditemui dalam aplikasi penanganan dan pemilihan material di industri. Baik pada pengambilan dan penempatan, deburring, penggilingan, dan proses industri lainnya.

Sistem Robot Vision

Teknologi ini adalah salah satu kemajuan terbaru dalam robotika dan otomatisasi. Pada dasarnya, Robot Vision adalah teknologi canggih yang membantu robot. Misalnya seperti robot otonom yang dilengkapi teknologi ini bisamengenali benda dengan lebih baik. Bahkan bisa menavigasi, menemukan objek, memeriksa, dan menangani bagian atau bagian sebelum melakukan aplikasi.

Algoritma Robot Vision Seluler

Robot Vision  biasanya menggunakan berbagai algoritma canggih, penyetelan, dan sensor penginderaan suhu. Banyak di antaranya memiliki tingkat kecanggihan dan implementasi yang berbeda. Persepsi robotik terus berkembang dan berkembang dengan cara yang lebih mulus, seperti halnya teknologi yang semakin maju dalam kompleksitas.

Teknologi mutakhir namun sederhana ini akan mengurangi biaya operasi dan memberikan solusi sederhana untuk semua bentuk kebutuhan otomatisasi dan robot. Saat dilengkapi dengan teknologi mutakhir itu, robot yang bekerja dengan sistematis ini dapat melakukan tugasnya berdampingan dengan karyawan. Karyawan manusia juga akan merasa terbantu, karena bisa lebih fokus pada permasalahan yang lebih penting.

Penyusunan Visi Robot

Setiap Sistem Visi Robotik bekerja di bawah arsitektur enam langkah berikut:

  • Sensing – Proses yang menghasilkan gambar visual.
  • Pra-pemrosesan – Pengurangan kebisingan, penyempurnaan detail.
  • Segmentasi – Mempartisi gambar menjadi objek yang menarik.
  • Deskripsi – Komputasi fitur untuk membedakan objek.
  • Pengenalan – Proses untuk mengidentifikasi objek.
  • Interpretasi – Menetapkan makna pada sekelompok objek.
Robot Vision

Diagram Blok Sistem Visi Robot

Aplikasi Robot Vision

Robot Vision umumnya  bersifat statis dan terbatas untuk mengeksekusi jalur yang telah ditentukan sebelumnya dalam pengaturan yang sangat diatur tanpa sistem penglihatan. Tujuan mendasar sistem iniadalah untuk memungkinkan sedikit variasi dari jalur yang telah diprogram sebelumnya sambil menjaga output tetap berjalan.

Teknologi Robotik ini dapat menjelaskan variabel di lingkungan kerja, jika memiliki sistem penglihatan atau penangkapan gambar  yang baik. Bagian gambar memang tidak harus ditampilkan dalam urutan yang sama. Jadi saat melakukan operasi inspeksi dalam proses, robot dapat memastikan bahwa ia dapat melakukan tugas dengan benar.

Keunggulannya adalah ketika robot industri dilengkapi dengan sistem penglihatan yang canggih, mereka menjadi lebih dinamis. Motivasi utama terhadap penerapan sistem ini adalah fleksibilitas.

Robot dengan teknologi dapat melakukan berbagai aktivitas, antara lain:

  • Melakukan pengukuran
  • Pemindai dan membaca kode batang
  • Pemeriksaan suku cadang mesin
  • Inspeksi kemasan
  • Penilaian konsistensi kayu
  • Pemeriksaan permukaan
  • Orientasi modul dan bagian diarahkan dan diverifikasi
  • Inspeksi Cacat

Perbandingan dengan Computer Vision dalam Aplikasi Robotika dan Industri

Computer Vision adalah disiplin penelitian interdisipliner yang mempelajari bagaimana komputer dapat menginterpretasikan gambar atau video buatan pada tingkat tinggi. Dari sudut pandang teknik, ini bertujuan untuk memahami dan menyederhanakan fungsi yang dapat dilakukan oleh sistem visual manusia.

Robot Vision vs Computer Vision

Robot Vision terkait erat dengan Machine Vision. Keduanya memiliki banyak kesamaan dalam beberapa hal. Computer Vision mungkin bisa dibilang sebagai “ayah” dari Robot Vision. Sebab Robot Vision adalah pengembangan dari Computer Vision. Kedua teknologi ini berkembang karena adanya teknologi Signal Processing. Signal Processing memerlukan pembersihan sinyal elektronik, mengekstrak informasi, menyiapkannya untuk ditampilkan, atau mengubahnya. Sesuatu, dalam arti apa pun, mungkin peringatan. Gambar pada dasarnya adalah sinyal dua dimensi.

Baca juga: Cara IoT Mengamankan ATM Dari Ancaman Kejahatan


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami