Teknologi yang semakin berkembang membuat robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) dapat membantu manusia. Tapi, apakah kalian tidak penasaran bagaimana robot dapat bekerja membantu manusia? Untuk itu kalian perlu tahu apa itu Robot Learning.

Robot Learning

Robot Learning, Apa itu?

Pembelajaran  di bidang penelitian antara mesin dan robotika ini cukup populer. Karena menggunakan pendekatan pepaduan antara machine learning dan robotika, robot maupun mesin dapat memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas seperti halnya manusia.

Contoh keterampilan yang ditargetkan oleh algoritma robotika ini adalah keterampilan sensorimotor seperti penggerak, menggenggam, kategorisasi objek aktif, serta keterampilan interaktif.  Pembelajaran pada mesin dapat terjadi baik melalui eksplorasi diri secara otonom atau melalui bimbingan dari guru manusia. Contohnya seperti  pembelajaran robot dengan meniru.

Agar pemrograman robot dapat bekerja dengan baik, Artificial Neural Networks (ANN) yang saat ini umum dikenal dengan istilah deep learning diimplementasikan ke dalam robot. Deep Learning adalah sebagai representasi dari otak yang mampu melakukan proses pembelajaran pada robot. Dari sistem ini, kita dapat melatih robot dengan cara melakukan proses training terhadap ANN melalui data latih yang didapatkan dari berbagai sensor yang ditanam.

Implementasi Robot Learning

Sebenarnya menerapkan sistem Robot Learning  itu seperti sama dengan melatih ANN.  Dalam proses penerapannya, ada beberapa pendekatan yang dapat dipakai, Seperti imitation learning dan reinforcement learning. Nah apa saja sih detail nya? Simak ulasan Monster Mac berikut ini !

Imitation Learning

Dalam  imitation learning, mesin akan dilatih untuk dapat meniru  manusia untuk melakukan tugas tertentu. Awalnya mesin akan mendapat data yang didapatkan ketika manusia melakukan contoh gerakan-gerakan yang tepat untuk tugas tertentu akan direkam dan akan dijadikan sebagai data latih. Selanjutnya, ANN pada mesin akan dilatih menggunakan data latih yang sudah kita dapatkan tersebut.

Reinforcement Learning

Metode Reinforcement Learning dapat melatih mesin dengan menyiapkan sebuah environment khusus yang mampu menyediakan feedback berupa reward spesifik yang sesuai dengan tugas tertentu ketika mesin melakukan interaksi. Nantinya, dengan menggunakan algoritma pembelajaran tertentu yang mampu memaksimalkan reward yang akan didapatkan di masa mendatang, robot akan belajar untuk menghasilkan aksi yang sesuai dengan tugas tertentu.

Baca juga: Ingin Belajar Bahasa Pemrograman Robotik ? Yuk Kenali 10 yang Paling Populer!


Tertarik untuk memulai bisnis vending machine? Monster Mac siap membantu kebutuhanmu !

Hubungi Kami