Vending machine mungkin memang belum terlalu booming di Indonesia. Vending  machine atau mesin penjual otomatis ini adalah sebuah mesin canggih yang berfungsi sebagai alat penjual otomatis tanpa memerlukan operator atau karyawan. Umumnya produk yang dijual dalam vending machine adalah minuman kemasan dan aneka makanan ringan yang sudah dijual di Indonesia namun belum menggunakan mesin.

Beragam Produk Vending Machine yang Cocok untuk Bisnis di Indonesia

produk vending machine indonesia

Cara kerja mesin ini cukup mudah hanya dengan memasukan uang ke dalam mesin dan memilih produk yang diinginkan, dalam waktu beberapa detik produk keluar dari mesin secara otomatis. Kini banyak juga mesin pintar yang sudah bisa menggunakan pembayaran non tunai melalui e-money, Ovo, dan lainnya. 

Jenis produk yang dijual vending machine di Indonesia memang belum cukup beragam. Kebanyakan mesin masih hanya terbatas menjual makanan dan minuman ringan. Di negara luar, vending machine sudah lebih bervariasi. Mungkin beberapa diantaranya akan membuat Anda takjub. 

Contohnya saja vending machine pizza yang ada di Singapore. Bayangkan Anda dapat dengan mudah memesan pizza favorit hangat via sebuah mesin. Mesin tersebut mampu membuat pizza dalam waktu 5 hingga 10 menit. Selain makanan, ada banyak vending machine yang sudah menjual produk lain seperti alat kesehatan, obat-obatan, hingga vending machine emas.

Peluang Bisnis Vending Machine

Dilihat dari perkembangan vending machine di dunia yang semakin pesat, pastinya bisnis vending machine di Indonesia semakin berpotensi. Hingga saat ini jumlah vending machine di Indonesia masih kurang dari 5000 unit. 

Jika dibandingkan dengan negara maju seperti Singapura, perbandingan penggunaan vending machine mencapai 15 ribu unit untuk melayani penduduk sekitar 15 juta jiwa. Dari data tersebut sudah bisa dibayangkan bagaimana potensinya di negara Indonesia yang sudah mencapai 250 juta jiwa. 

Sebenarnya  banyak produk yang bisa dijual via vending machine khususnya di Indonesia. Sebagai pebisnis, Anda harus peka melihat pangsa pasar. Misalnya saja di kawasan fasilitas umum seperti taman bermain, Anda bisa menjual makanan dan minuman ringan. Untuk musim hujan seperti saat ini, banyak barang-barang unik yang dibutuhkan mendadak seperti payung, sandal jepit, jas hujan atau mungkin tas plastik. 

Sekarang adalah saat yang tepat untuk berinovasi dalam berbisnis. Apapun bisa dijual melalui mesin otomatis ini. Untuk Anda yang masih bingung bagaimana memulai bisnis vending machine bisa cek artikel berikut ini: Memulai Bisnis Vending Machine: Kalo Bisa Sewa, Kenapa Harus Beli? 


Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile