MONSTERMAC.ID Bagi anda yang mau memulai bisnis vending machine ataupun sedang menjalankan bisnis vending machine di Indonesia, pastinya memerlukan perawatan yang rutin terhadap mesin vending. Karna mesin itu yang anda investasikan untuk mendapatkan keuntungan, namun apabila tidak ada perawatan dan perbaikan dari vending machine, maka bisnis anda akan turun serta bangkrut.

perawatan Vending Machine

Karna pada dasarnya sebuah mesin setiap mesin harus ada perawatan dan perbaikan, begitupun dengan vending machine di indonesia. Mesin yang harus melayani setiap orang di tempat umum, dengan keadaan ramai. Dan akan banyak penggunaan dari mesin vending ini. Nah, dengan adanya perbaikan dan perawatan vending machine akan mengurangi biaya dan mencegah kerusakan yang berlebihan. Pada artikel ini saya akan memberikan tips untuk merawat mesin vending.

Langkah Pertama

Gunakan deterjen berkualitas, air hangat dan handuk lembut untuk membersihkan seluruh mesin vending pada aturan waktu 1 – 2 kali setahun. Selanjutnya bersihkan semua permukaan setelah servis rutin bulanan. Cara ini juga akan membantu mencegah tombol menjadi macet dan tetap normal tanpa kerusakan.

Langkah Kedua

Jauhkan dan singkirkan kotoran dari timbunan validator, dengan menggunakan handuk atau lap yang lembab. Karna cara ini dapat mengurangi kemungkinan rusaknya validator dan mesin vending macet.

Langkah Ketiga

Posisikan ulang vending machine dan tempatkan mesin yang tepat. Yaitu pasang jarak 4 inci dari dinding dibelakang dan samping, agar memaksimalkan udara yang keluar dari mesin vending. Dan agar tidak terlalu panas suhunya, karna itu akan membuat rusaknya vending machine. Tidak lupa juga untuk melihat posisi mesin vending pada lantai yang rata. Bila tidak rata atau melapisi vending machine dengan kayu, hal tersebut tidak selalu seimbang dan resikonya akan merusak mesin.

Langkah Keempat

Pastikan vending machine tidak terkena panas dari matahari secara langsung, karna kelebihan panas itu akan menyebabkan kegagalan dari fungsi vending machine. Gunakan udara kompresor untuk  membersihkan koil kondensor mesin vending untuk jangka waktu 6 bulan sekali.

Langkah Kelima

Setelah anda membaca semua petunjuk manual vending machine, anda harus tau berapa spesifik listrik mengalir dari vending machine di Indonesia model yang digunakan. Karna pastinya setiap model berbeda – beda tegangan dan aliran dayanya.

Setelah memastikan 5 hal diatas telah dilakukan, maka resiko kerusakannya pada mesin vending anda berkurang. Tapi, perbaikan dan perawatan pastinya tidak bisa dipredikasi pas dilakukan dengan jadwal rutin. Contoh, bisa saja vending machine di Indonesia lebih cepat rusak dari apa yang anda duga. Karna pemakaian sering pada jangka waktu seminggu. Untuk itu, saya akan berikan cara bagaimana anda bisa cepat lakukan perbaikan pada mesin ketika tahu bahwa mesin rusak atau error.

Anda bisa gunakan informasi dengan tempelkan stiker di mesin vending, yaitu stiker tertulis bahwa jika mesin error segera hubungi nomor terteta di stiker. Maka dengan cara itu anda akan tahu, dan bisa segera lakukan perbaikan pada vending machine. Di berbagai negara lain sudah melakukan cara ini, jadi ketika mesin mengalami error atau rusak, tim anda akan segera bisa memperbaikinya.

Baca Juga : Manusia Harus Terus Berkembang Agar Tak Digantikan Oleh Mesin Otonom

Untuk suku cadang vending machine di Indonesia kini sudah banyak dan mudah didapatkan, dibandingkan dengan 2 tahun lalu. Jadi bagi anda yang ingin memulai bisnis mesin vending, harus memperhatikan aspek – aspek diatas tadi. Dan saya ingatkan lagi, bahwa setiap model dan setiap merk keluaran negara berbeda – beda karakternya. Jadi harus dipelajari dulu karakternya, lalu cara perawatan dan perbaikan, mencari tempat suku cadang yang cocok. Dan terakhir keuntungan akan didapatkan.