Perawatan vending machine sangatlah diperlukan, untuk tetap menjaga ketahanan mesin untuk melakukan penjualan. Dan pastinya menjaga keuntungan Anda tetap berjalan. Tapi kalo Anda mengabaikan perawatan vending machine, kemungkinan bisnis Anda nantinya akan menurun. Karna adanya error pada sistem, atau ada bagian yang tidak berfungsi secara baik.

Jika kita rajin dalam melakukan perawatan, vending machine akan bertahan lama. Berikut dibawah ini saya akan memberikan informasi nya :

Perawatan Vending Machine

Langkah pertama :

Gunakan deterjen yang berkualitas, menggunakan air hangat dan handuk lembut untuk membersihkan seluruh bagian luar mesin pada jangka waktu 1x – 2x dalam setahun. Selanjutnya adalah mengecek sistem mesin rutin setiap bulannya. Cara ini akan membantu dalam mencegah tombol menjadi macet, dan terus berjalan normal.

perawatan vending machine

Langkah kedua :

Jauhkan dan coba singkirkan kotoran dari timbunan validator, dengan cara gunakan handuk yang lembab. Cara ini dapat mengurangi rusaknya validator dan vending machine macet.

perawatan vending machine

Langkah ketiga :

Taruh posisi mesin ditempat yang tepat, dengan pasang jarak 4 inci dari dinding dibelakang dan sampingnya. Agar dapat memaksimalkan udara yang keluar dari vending machine dan tidak terlalu panas suhunya. Karna itu menjadi penyebab rusaknya vending machine. Jangan lupa untuk posisikan di permukaan lantai yang rata, atau Anda bisa lapisi kayu. Untuk menjaga keseimbangan mesin.

Langkah keempat :

Terakhir, Anda harus tau berapa listrik daya yang mengalir pada mesin tersebut dan model yang digunakan. Tentu kita harus mengetahuinya untuk menjaga dari kerusakan sistem atau arus daya listrik.

Setelah Perawatan Mesin Tidak Akan Rusak ?

perawatan vending machine

Setelah Anda melakukan perawatan diatas, bukan berarti mesin tidak akan rusak. Setiap mesin pastinya akan mengalami gangguan bahkan rusak. Tapi setidaknya mesin yang Anda rawat akan berkurang resiko kerusakanya dan bahkan bisa bertahan lama hingga bertahun – tahun.

Dengan adanya transaksi yang tinggi setiap harinya, untuk itu diperlukan perawatan pada mesin, untuk menjaga pendapatan juga, karna vending machine dapat dijadikan investasi bagi para pengusaha yang memanfaatkan teknologi dan mengikuti perkembangan jaman.

Baca Juga : Bisnis Vending Machine di Jepang Diminati Wisatawan

Satu lagi saran dari saya, coba tempelkan stiker atau beri nama brand usaha Anda, supaya bisa meningkatkan branding pada bisnis Anda. Dan simpan semua foto bisnis pada sosial media Instagram, agar menjadi lebih terkenal.

Sedikit informasi yang saya berikan mengenai perawatan vending machine, semoga bermanfaat dan jika ada saran, atau ingin menanyakan lebih lanjut untuk informasi vending machine bisa hubungi disini.