Penggunaan IoT di bidang industri akan terus berkembang setiap tahunnya. Sekarang ini, banyak perusahaan yang sudah menggunakan IoT (Internet of Things) pada industrinya. Dibawah ini kami akan berikan informasi mengenai pemanfaatan apa saja yang dilakukan oleh IoT.

1. Predictive Maintenance

Menjaga aset agar tetap berjalan dan memiliki potensi untuk mengurangi biaya sebuah perusahaan. Dengan menggunakan sensor kamera dan analitik data, manajer di berbagai industri dapat menentukan kapan sebuah peralatan akan gagal, sebelum melakukannya. Sistem dengan Internet of things ini dapat mendeteksi tanda peringatan menggunakan data untuk membuat jadwal pemeliharaan pada sebuah peralatan.

2. Smart Metering

Meteran ini bisa disebut dengan metering pintar dengan kemampuan internet yang dapat mengukur konsumsi energi, air, gas alat dan sebuah bangunan. Jika dibandingkan, meteran tradisional hanya dapat mengukur konsumsi total.

Sedangkan meteran pintar ini dapat mencatat berapa banyak sumber daya yang dkonsumsi. Perusahaan listrik pun mengarahkan meteran pintar ini untuk memantau penggunaan konsumen dan menyesuaikan harga dengan waktu dan musim.

3. Asset Tracking

Tujuan pelacakan aset ini adalah untuk membuat perusahaan dengan mudah menemukan dan memantau aset utama, seperti bahan baku, produk akhir, mengoptimalkan logistic, mempertahankan tingkat persediaan, mencegah masalah kualitas, dan mendeteksi pencurian.

4. Connected Vehicles

Dengan adanya IoT semua kendaraan dapat terhubung menjadi hal yang popular. Dalam istilah ini sederhananya adalah, kendaraan disempurnakan dengan komputer yang mengotomatiskan banyak tugas mengemudi normal, dengan IoT bisa mengemudikan dengan komputer.

Tidak hanya itu, otomatis parkir juga bisa dilakukan oleh teknologi ini, dengan beberapa deteksi rel magneti dan unsur lainnya.

5. Fleet Management

Bagi perusahaan yang mengandalkan transportasi sebagai bagian bisnis mereka, ini dapat membantu mereka menghilangkan resiko yang terkait dengan investasi kendaraan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas sambil mengurangi keseluruhan biaya transportasi dan pegawai.

Misalkan, pelacakan aset dapat digunakan oleh pengelola limbah dengan memberikan rute yang paling efisien kepada pengumpul sampah untuk mengumpulakn penumpukan sampah di lingkungan perkotaan.

Berikut diatas adalah beberapa permasalahan yang dapat diatasi menggunakan teknologi IoT. Beberapa penggunaan IoT bidang industri di Indonesia dapat terbantu dengan adanya Internet of Things.

Untuk mendapatkan konsultasi atau informasi lebih tentang teknologi IoT. Hubungi dibawah ini.

Whatsapp