Pengertian kiosk adalah sebuah terminal komputer yang dibuat untuk tujuan menyediakan informasi atau menyediakan pelayanan yang ada pada sebuah bisnis atau perusahaan. Beberapa lokasi besar di Indonesia sudah ada seperti di stasiun kereta api, bank dan bandara, tapi masih jarang ditemukan di tempat umum dan banyak tempat lain.

Layanan menggunakan kiosk, tujuannya adalah memudahkan pelayanan atau customer yang datang untuk melakukan aktivitas seperti contohnya melakukan pengiriman uang selain di ATM, memudahkan untuk top-up dana virtual ke aplikasi melalui kiosk, membeli pulsa paket data serta bisa membeli tiket kereta api dan lainnya.

Dibawah nanti saya juga akan bahas detail dimana saja letak mesin kiosk, tapi sekarang saya akan berikan manfaat menggunakan self service dengan kiosk.

Keuntungan Gunakan Self Service/Kiosk Bagi Perusahaan :

1. Mengurangi Ketergantungan Pelanggan ke Perusahaan

Ketika pelanggan kita dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa kita harus antri panjang. Jadi pelanggan tidak harus menanya ke petugas, karna sudah ada panduan berupa video didalam kiosk tersebut. Contoh, ketika nasabah bank memiliki masalah untuk mengirimkan uang kepada saudara.

Ia tidak harus menunggu hari kerja bank, mereka cukup menggunakan layanan internet banking, sehingga uang dapat dikirim saat itu juga.

2. Kepuasan Meningkat, Keuntungan Pun Meningkat

Saat perusahaan tumbuh dan mendukung dengan total, hal tersebut akan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan. Jadi otomatis tingkat kepuasan mereka juga bertambah.

Contohnya adalah ketika pelanggan menjadi sering membeli produk Anda karna mengandalkan otomatis mesin, dan transaksi yang cepat dan efisien. Jadi pelanggan akan lebih sering beli ditempat Anda dengan self service.

3. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Dilihat dari pengertian kiosk, kiosk dipercaya dapat memperlancar secara efisien dan efektif pengalaman pelanggan. Itu berarti, dengan menggunakan kiosk mereka akan mendapatkan kepuasan dan pengalaman yang berbeda ketika melakukan transaksi. Jadi Anda tidak perlu repot – repot, semua sistem transaksi sudah berjalan dengan otomatis.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan self service dengan kiosk. Bagaimana ? apakah menarik perhatian Anda sebagai pengusaha untuk mencoba otomatis dan mengurangi beban pekerjaan.

Sangat mudah juga penggunaan dari kiosk, karna sudah dirancang memang untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pelanggan. Mereka akan lebih senang beli atau transaksi otomatis disana dibandingkan harus face to face.

Kiosk di Indonesia

Banyak kita temukan pastinya beberapa restoran dan tempat sudah ada mesin self service. Kita coba ulas dibawah ya.

1. Restoran Cepat Saji

pengertian kiosk

Teknologi kiosk sudah digunakan oleh restoran cepat saji oleh MCD, mereka pertama kali menggunakan pada awal 2018, dan sudah ada beberapa cabang yang menggunakan mesin ini. seperti di Jakarta di Bintaro, TB Simatupang, Pondok Indah, Artha Gading dan Sarinah.

Cara dari penggunaan mesin self service MCD cukup mudah, dengan menekan tombol “touch to start“, kemudian pilih “makan di sini” atau “bawa pulang”. Pilih menu hingga semua pesanan dan jumlah pembayaran muncul di kotak pesanan. Harga makanan per item juga ditampilkan dalam layar ini. Selanjutnya pilih “done” jika pesanan sudah lengkap.

Melalui teknologi self service dengan kiosk, manajemen McDonald’s Indonesia ingin antrian pada saat memesan makanan di konter seperti biasanya bisa berkurang. Bahkan ke depannya, kata dia, McDonald’s akan menerapkan table service dimana konsumen bisa memesan di layar sentuh dan langsung duduk. Selanjutnya, makanan akan diantar ke meja pembeli. “Di Artha Gading, Bintaro dan T.B. Simatupang sudah ada table service,” kata dia.

2. Bandara

pengertian kiosk

Salah satu bandara internasional juanda menggunakan teknologi kiosk, untuk melakukan check in mandiri. Fasilitas ini sudah beroperasi sejak tanggal 19 september 2018. Tujuan mesin ini di bandara mempermudah penumpang yang berpergian tanpa bagasi akan tercatat didalam kabin yang semula dilakukan di konten check-in.

3. Supermarket

Supermarket franchise seperti indomart juga menggunakan teknologi kiosk untuk mempermudah pelanggannya untuk melayani transaksi virtual seperti pulsa, paket data, tiket transportasi, membayar tagihan listrik, air, membayar tagihan internet, tv kabel dan lain – lain. Kemudahan dan efisiensi menggunakan kiosk memang sangat diperlukan untuk Anda memanjakan pelanggan dengan pengalaman yang berbeda.

Bagaimana, sudah cukup jelas mengenai penggunaan dan contoh dari kiosk. Jika Anda berminat untuk menggunakannya bisa hubungi saya disini untuk mendapatkan penawaran yang spesial. Saya dan tim bisa buatkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekian dari artikel yang saya tulis tentang pengertian kiosk dan beberapa contohnya.

Whatsapp