Pengertian Beacon

Pengertian Beacon adalah perangkat kecil yang harganya tidak terlalu tinggi, namun bisa menemukan lokasi yang lebih akurat dalam jarak yang kecil daripada GPS, cell tower dan Wifi proximity. Dan beacon dapat mengirimkan data melalui Bluetooth Low Energi (BLE) hingga 50 meter.  Oleh karna itu beacon dapat digunakan untuk menemukan lokasi diruangan dan diluar.

Beacon didukung oleh baterai kecil atau bisa dicolokkan ke stop kontak. Atau bisa dengan port USB sebagai untuk mempertahankan daya yang konsisten. Kita juga dapat memancarkan dan menerima sinyal beacon dengan perangkat ponsel, tablet dan PC yang sudah didukung dengan BLE.

Jadi, beacon hanya dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi antara siapapun yang memilki sinyal beacon yang terdapat di perangkat selulernya. Komunikasi beacon sangat bergantung pada aplikasi, terutama biasanya teknologi beacon dipakai pada pemasaran ritel dan indoor navigasi sistem.

Contoh penggunaan beacon, ketika beacon berada di toko, kemudian beacon di lokasi toko tersebut dapat berkomunikasi dengan aplikasi toko ini dan menghubungkan ke aplikasi Anda dengan menampilkan penawaran khusus serta informasi tambahan tentang produk toko tersebut dan layanan yang akan diberikan kepada Anda.

Pengertian Beacon

Pengunaan Beacon Untuk Industri

Penggunaan beacon tidak hanya di toko retail, dibawah ini saya akan bahas penggunaan beacon untuk airport, kereta api, halte bus, restoran dan industry hotel, dan edukasi.

1. Airport

Bandara Changi menggunakan teknologi beacon untuk membuat bandara lebih efisien dan mampu menangani jumlah penumpang yang terus bertambah tanpa mengorbankan standart layanan.

Jadi sepanjang jalan di area bandara, penumpang akan diberitahu tentang penawaran komersial dan produk lainnya. Mereka juga menawarkan navigasi bandara di setiap terminal manapun.

2. Kereta Api

100 stasiun kereta api di India dibangun pada tahun 2017. Dan proyek tersebut dinamakan India Railways dan RailTel dengan meluncurkan WiFi gratis dan berkecepatan tinggi di stasiun kereta api tersebut.

Jadi ketika pengunjung berada di stasiun dan berada di dekat beacon, mereka otomatis mendapatkan pembaharuan tentang cara menyambung ke WiFi secara gratis. Beacon diletakkan pada masing – masing gate.

3. Halte Bus

Pengertian Beacon

Beacon diletakkan pada bus yang beroperasi di kota Luksemburg, Jerman. Beacon ini dapat memberikan otomatis tentang arah bus yang sedang dinaiki melalui aplikasi mobile di ponsel.

4. Restoran dan Industri Hotel

Pengertian Beacon

Beacon dapat memberikan layanan yang sangat pribadi dan servis yang memuaskan terhadap pelanggan. Tanpa ada tambahan biaya ketika Anda menggunakan karyawan.

Fungsi yang dapat didukung oleh beacon adalah menyambut tamu saat mereka memasuki area hotel atau restoran dengan mengkomunikasikan peta rute ke area atau semua tempat hiburan yang hotel atau restoran miliki.

Dalam hal ini, tentunya akan membantu kepuasan pelanggan dalam berada di Kawasan hotel atau restoran.

5. Edukasi

Sebagian besar setiap universitas pastinya selalu mengadakan acara di setiap tahunnya. Mulai dari seminar atau acara penting lainnya. Untuk membuat mahasiswa sadar, sehingga mereka akan datang, mereka harus diberitahukan dengan adanya pemberitahuan ke ponsel mereka.

Dengan beacon, hal tersebut akan terbantu. Dengan memberikan pemberitahuan setiap kali ada acara penting untuk datang dan atau bisa juga jadwal kuliah. Mereka akan mendapatkan notifikasi untuk gabung ke acara tersebut.

Bagaimana, sudah mengerti mengenai teknologi beacon ? atau Anda selaku pengusaha ingin mencoba hal baru dengan beacon, agar merasakan pengalaman yang berbeda. Coba diskusikan kepada saya dan tim dibawah.

Dapatkan penawarn khusus untuk Anda yang ingin mencoba teknologi baru untuk kelancaran bisnis.

Whatsapp