Pertanian di Indonesia jika dibandingkan dengan negara maju memang masih cukup ketinggalan. Namun pada masa pandemi ini, adanya aturan pembatasan sosial memaksa Indonesia untuk meningkatkan interaksi digital. Hal ini berlaku di semua sektor, termasuk juga pertanian digital. Dilansir dari Harian Kontan, naiknya jumlah kaum muda di sektor pertanian ini dapat menjadi harapan untuk memajukan pertanian di Indonesia. 

Menurut survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 20,62% dari 64,19 juta jiwa  pemuda Indonesia bekerja di sektor pertanian. Lalu sebanyak 85,62% di antara mereka juga merupakan pengguna internet. Hal ini dapat berpeluang menjadi pembuka jalan untuk menghadirkan sistem pertanian digital di Indonesia.

Lalu, Apa Itu Pertanian Digital?

Teknologi pertanian digital sendiri merupakan penerapan pengolahan pertanian dengan bantuan  gawai dan aplikasi. Hadirnya sistem pertanian berbasis teknologi itu juga dapat menghubungkan petani langsung dengan konsumen. Sehingga selain mempersingkat rantai pasok, juga dapat membuat petani mengurangi ketergantungan terhadap tengkulak. Karena hingga kini petani lebih banyak menjual hasil pertanian pada tengkulak. Tak hanya itu, adanya sistem pertanian tersebut dapat mendorong petani untuk memiliki akses terhadap informasi harga di pasaran yang lebih akurat dan transparan.

Kehadiran teknologi digital juga dapat meningkatkan pengetahuan teknis petani. Dengan sistem pertanian itu, petani dapat melakukan perhitungan penggunaan pupuk, bibit, atau input pertanian lain secara lebih efisien. Sehingga mereka dapat meningkatkan pengambilan keputusan petani melalui informasi pengelolaan tanaman hingga kondisi pasar. 

Kehadiran Smart Tani

Saat ini hanya sedikit petani yang dapat menggunakan sistem pertanian digital . Ada sekitar jutaan petani saat ini kurang memiliki akses terhadap teknologi digital pertanian. Untuk itu, Monster Mac sebagai perusahaan teknologi manufaktur mencoba mengembangkan Smart Tani. Hal ini dilakukan guna memberikan sumbangsih untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Apa itu Smart Tani? Monster Mac kini mengembangkan pertanian digital dengan berbasis IoT (Internet of Things). Saat ini Monster Mac tengah mengembangkan peralatan pertanian cerdas yang dapat secara otomatis mengatur pengaturan cahaya, suhu air, suhu dan kelembapan udara, hingga pengaturan PH Air. Bahkan alat yang dikendalikan oleh AI (Artificial Intellegence) ini juga dapat dipantau secara online. Tertarik dengan Smart Tani? Monster Mac siap membantumu dengan teknologi digital!

Baca Juga: Apa itu IoT dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia