Monstermac.id – Penerapan Iot di sekolah hmm… ini yang perlu kita lakukan perubahan pada sistem pembelajaran dalam lingkungan sekolah. Memaksimalkan peranan teknologi di saat seperti ini sangatlah menguntungkan apalagi di masa pandemi ini semua orang mengharuskan Anda berada di dalam rumah.

Cepatnya perkembangan dunia IT ini memacu kita untuk mempelajari lebih dalam. Pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan adalah hal yang tidak perlu diperdebatkan lagi, bahwa teknologi informasi dan komunikasi (Information & Communication Technology) telah memberikan dampak yang positif bagi dunia Pendidikan, khususnya dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar. 

Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi juga akan semakin berkembang pesat dengan ditambahnya penerapan Internet of Things (IoT) di berbagai bidang termasuk pendidikan, dan salah satunya adalah penerapan IoT di sekolah. Internet of Things memiliki potensi dalam mendukung proses pembelajaran dengan mengoptimalkan komunikasi dan interaktivitas

Dalam bidang Pendidikan IoT dapat diterapkan dalam beberapa aktivitas seperti berikut:

1. E-Learning

Sistem E-Learning merupakan sebuah proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi. Sistem ini memanfaatkan infrastruktur internet dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa dapat mengakses dan memahami suatu topik atau materi. Lalu, siswa dapat mengakses materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: Penerapan IoT di Bidang Kesehatan Selamatkan Banyak Jiwa

2. Peminjaman Buku

Anda pernah mengalami atau memiliki kartu perpustakaan? Itu sudah harus di tinggalkan saat nya semua harus terhubung dengang internet seperti pencatatan, stok buku, bahkan bila perlu lokasi tempat penyimpanannya. IoT memudahkan semua mulai pencatatan dan dokumentasi semua. Dengan IoT, Siswa dan orang tua dapat melakukan peminjaman buku dari rumah kemudian mengambilnya pada saat berada di sekolah. Sehingga sistem tersebut dapat melakukan Analisa terhadap minat membaca anak dilihat dari statistik buku yang dipinjam.

Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar. Selain itu, IoT juga mampu mengurangi biaya operasional sekolah,

Oleh karena itu, semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi akan membuat munculnya inovasi-inovasi baru dalam dunia Pendidikan yang akan lebih mendukung dan meningkatkan kualitas dunia Pendidikan. Internet of Things juga diyakini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif.

Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!

Whatsapp
Download Our Company Profile